Wajib Tahu! Inilah Jenis-Jenis Penyakit yang Dapat Ditimbulkan Dari Insomnia

1 min read

insomnia

Gangguan kesulitan tidur atau insomnia sering dianggap sepele karena bukan penyakit yang serius. Namun, ternyata insomnia memiliki tingkatan keparahan dan merupakan sumber serta memicu timbulnya berbagai jenis penyakit berbahaya. Agar lebih waspada, berikut ini adalah jenis-jenis penyakit yang dapat ditimbulkan dari insomnia dan perlu Anda ketahui.

insomnia

  • Obesitas

Obesitas tidak sepenuhnya disebabkan oleh masalah makanan namun juga pola tidur. Insomnia yang berkelanjutan dapat menyebabkan obesitas pada penderitanya. Hal ini bisa terjadi karena meningkatnya hormon ghrelin sehingga nafsu makan bertambah dan berat badan melonjak.

Sebaliknya hormon leptin yang bertugas menekan nafsu makan justru menurun. Akibat dari meningkatnya hormon tersebut, seseorang yang menderita insomnia selalu memiliki keinginan untuk makan khususnya makanan dengan kadar lemak, karbohidrat dan gula yang tinggi. Obesitas karena terlalu banyak mengkonsumsi gula juga menjadi penyebab diabetes dan kencing manis.

 

  • Jantung 

Penyakit jantung merupakan salah satu jenis-jenis penyakit yang dapat ditimbulkan dari insomnia. Kondisi insomnia yang sudah parah bisa memperlambat aliran darah ke seluruh tubuh sehingga menjadi pemicu terjadinya gangguan jantung. Selain itu, insomnia juga dapat menyebabkan penyakit kronis lainnya seperti tekanan darah tinggi, asma, kanker bahkan stroke.

Sebagai upaya mengurangi risiko insomnia dan timbulnya penyakit kronis lainnya, Anda bisa menggunakan jam tangan kesehatan Dr. Laser untuk kegiatan sehari-hari. Manfaat menggunakan alat kesehatan ini tentunya beragam mulai dari melancarkan aliran darah, memaksimalkan kinerja jantung dan ginjal, meningkatkan produksi hormon melatonin yang dapat mengurangi insomnia. Harganya bisa di cek di harga dr laser

 

  • Menurunnya sistem kekebalan tubuh

Seseorang yang mengalami insomnia biasanya mudah lelah dan mengantuk. Hal ini disebabkan sistem kekebalannya yang menurun karena terlalu banyak terjaga saat malam hari akibatnya badan menjadi kurang bersemangat, sering mengantuk saat siang hari bahkan menjadi mudah terserang penyakit.

Saat mengalami insomnia, sebisa mungkin cari solusi dengan berbagai macam cara agar terhindari dari jenis-jenis penyakit yang dapat ditimbulkan dari insomnia di atas. Anda bisa memulai untuk relaksasi atau mandi hangat sebelum tidur. Selain itu, terapkan hidup sehat dengan makan-makanan bergizi dan rajin berolahraga untuk meningkatkan kualitas tidur.