Ulasan Singkat Terkait Pertanian Organik

1 min read

Salah satu model pertanian yang paling banyak dilakukan oleh masyarakat ialah pertanian organik. Mereka percaya bahwa dengan menggunakan teknik tersebut, sektor tani akan terus berkembang dan menghasilkan hasil cukup memuaskan dan berkualitas tinggi.

Pertanian Organik

Berbicara mengenai pertanian organik, banyak sekali masyarakat yang mengenal teknik ini. Apalagi dengan semakin meningkatnya pelaku pertanian tersebut maka pangsa pasar juga makin terbuka, mengingat pentingnya bagi perbaikan ekosistem tani yang saat ini rusak karena pestisida.

Pertanian Organik Solusi Tani Berkelanjutan

Perlu Anda ketahui bahwa melakukan pertanian organik itu sangatlah penting, mengingat gunanya adalah untuk perbaikan ekosistem tani yang saat ini semakin rusak akibat terpapar bahan kimia seperti halnya pestisida. Dengan hal inilah, mengapa masyarakat diajarkan untuk menerapkan sistem pertanian organik agar semua cara penanaman tumbuhan baik sayuran maupun buah-buahan jauh dari bahan kimia seperti pestisida yang pastinya tidak baik bagi pertumbuhan tanaman tersebut.

Produk Pertanian Organik

Berbicara mengenai pertanian organik, hasilnya tentu saja memiliki mutu terbaik mengingat cara penanamannya tidak menggunakan bahan kimia seperti halnya pestisida. Hal ini sangatlah cocok untuk dijadikan sebagai sistem pertanian berkelanjutan. Upaya penanaman produk pertanian organik tersebut bisa dilakukan dengan cara lain seperti halnya pengendalian erosi dan hama menggunakan bahan organik / non yang telah diizinkan, penyiangan pemupukan dan masih banyak lagi.

Prinsip Budidaya Pertanian Organik

Adapun prinsip pertanian organik yang telah dirumuskan secara langsung oleh pihak IFOAM (International Federation Of Organic Agriculture Movements) seperti memperhatikan lingkungan sekitar karena saat itulah Anda harus memastikan media tanamnya bebas dari bahan sintetik.

Kemudian memperhatikan varietas bahan tanamannya, usahakan yang sudah beradaptasi secara baik di daerah yang tak memberikan dampak negatif, pola tanamnya pun juga diperhatikan, pemupukan serta zat pengatur tumbuh sangat penting dilakukan.

Dengan mengetahui beberapa penjelasan terkait pertanian organik sudah saatnya Anda juga mengikuti upaya tersebut, agar tanaman yang ditanam seperti halnya buah-buahan atau sayuran dapat tumbuh subur dan berkualitas baik.

Kunjungi : https://www.tanam.co.id/