Tips-tips Dropship Agar Sukses dan Menghasilkan di Masa Pandemi Corona

2 min read

Dropship merupakan bisnis yang sangat menguntungkan karena tidak perlu stok barang. Tugas kita sebagai Dropshipper adalah untuk menawarkan barang tanpa harus stok barang. Oleh karena itu jika kita ingin usaha dropship, kita harus mengetahui tips tips dropship yang dapat membuat kita sukses.

Kelebihan Bisnis Dropship

Setiap usaha pasti ada kelebihan dan kekurangan, berikut ini beberapa kelebihan menjadi dropship :

  • Mudah untuk memulai

Kita sangat mudah untuk memulai bisnis ini karena hampir tanpa modal, asalkan memiliki koneksi internet, hp, laptop atau komputer sudah dapat memulai bisnis dropship.

  • Resiko rendah

Karena hampir tanpa modal maka resiko yang harus ditanggung pun rendah tidak seperti usaha yang harus memiliki modal awal. Pertimbangan biaya yang harus dipikirkan hanyalah biaya kuota internet dan biaya produk atau pengiriman produk

  • Modal usaha kecil

Tidak ada biaya untuk membuat produk, karyawan dan sewa tempat, karena itu tidak perlu ada modal di awal yang besar

  • Bisa menjual berbagai macam produk

Salah satu kelebihan yang sangat menyenangkan dari usaha dropship adalah kita dapat menjual berbagai jenis barang sekaligus. Hal ini dapat kita lakukan karena kita tidak perlu khawatir mengenai stok barang dan kita dapat sekaligus bekerjasama dengan beberapa supplier.

  • Fleksibel

Kita dapat bekerja dimanapun dan kapanpun, selama ada koneksi internet kita dapat menjalankan bisnis ini.

Kekurangan Menjadi Dropship

Setelah kita bersama mengetahui kelebihan dari usaha dropship, kini saatnya kita mengetahui kekurangan dari bisnis ini. Tidak mungkin jika setiap bisnis tanpa resiko atau kekurangan meski hanya sedikit namun tetap harus dipertimbangkan. Berikut ini kekurangannya :

  • Persaingan ketat

Karena mudah untuk dimulai maka bisnis ini memiliki banyak sekali pesaing. Kita harus tampil berbeda agar memiliki nilai jual lebih.

  • Profit kecil

Kita harus bersaing dengan banyak orang sehingga kita terkadang dihadapkan pada permasalahan harga yang harus bisa serendah mungkin dari yang lain. Namun hal ini bisa dihindari jika kita bisa menemukan produk dengan tingkat persaingan yang rendah

  • Supplier bermasalah

Bisnis ini bisa juga gagal jika kita tidak dapat menemukan supplier yang tepat. Ada banyak tips tips dropship di internet yang menyediakan informasi cara agar mendapatkan supplier yang tepat. Kita bisa mencari informasi sebelum memulai bisnis ini agar usaha kita nantinya tetap berjalan lancar

  • Pendengar yang baik

Kita menjadi orang yang langsung berhubungan dengan pembeli atau konsumen karena kita yang menawarkan secara langsung. Terkadang jika ada keluhan mengenai produk mau tak mau kita harus mendengarkan keluhan customer tersebut.

Langkah-langkah Usaha Dropship Yang Sukses dan Menghasilkan

Semua jenis pekerjaan tidak ada yang mudah, semua butuh kesabaran dan keuletan. Di masa pandemi seperti sekarang ini usaha dropship banyak yang melirik. Berikut langkah-langkah usaha dropship agar sukses dan menghasilkan :

1. Cari ide bisnis

Tentukan produk apa yang hendak kita jual, gali informasi mendalam mengenai produk yang akan kita jual.

2. Tentukan nama

Kita perlu memiliki nama untuk sebuah usaha kita agar konsumen mudah mencari kita jika ingin membeli produk yang kita jual.

3. Menetapkan detail

Ada beberapa detail biaya yang perlu diperhitungkan seperti biaya pengiriman, harga produk apakah selalu berubah atau tetap dan beberapa hal lainnya.

4. Membuat toko online

Toko online diperlukan agar kita terlihat lebih profesional, selain itu toko online sudah menyediakan berbagai jenis metode pembayaran yang aman dan nyaman untuk konsumen.

5. Menggunakan Software computer

Dalam mempercepat proses pengambilan dan pen-upload-an gambar dan detail produk yang akan dijual ke toko online, anda bisa menggunakan software dropship yang banyak dipakai saat ini. Anda bebas menggunakan merek apa saja yang di pasaran.

6. Metode pembayaran

Metode ini penting untuk dipertimbangkan apakah bisa COD atau transfer bank. Jika transfer bank maka kita harus memiliki tabungan untuk tujuan transfer.

7. Promosi lewat sosial media

Sosial media adalah salah satu penghubung terbaik saat ini antara penjual dan pembeli karena dapat menjangkau ke seluruh dunia. Hal ini dapat meningkatkan kemungkinan mendapatkan seorang pembeli.

Itulah tadi informasi mengenai tips-tips dropship dan juga informasi mengenai kelebihan dan kekurangan usaha ini. Setiap usaha pasti ada halangan yang menghadang, asalkan kita terus bersemangat dan tekun maka kesuksesan akan menghampiri kita.