Tips Mudah Cek Legalitas Developer Perumahan

1 min read

Cara cek legalitas Developer perumahan

Membeli rumah idaman merupakan sebuah impian semua orang. Disamping sebagai tempat bernaung, rumah juga bisa menjadi standar kesuksesan bagi sejumlah masyarakat. Anda bisa membeli hunian pada developer perumahan. Namun pastikan anda mengetahui cara cek legalitas developer perumahan saat ingin membeli hunian yang diinginkan. 

 

Cara Cek Legalitas Developer Perumahan

Banyaknya jumlah developer perumahan  yang tersebar di Tanah Air tentu membuat anda merasa bingung untuk memilih salah satu yang terbaik. Agar anda tidak salah pilih, pastikan untuk menerapkan cara cek legalitas developer perumahan di bawah ini.

Mencari Tahu Kredibilitasnya

Pastikan untuk membeli hunian dari perusahaan pengembang go public. Contohnya mencari perusahaan developer yang mempunyai keterangan Tbk di bagian belakang nama perusahaannya.

Anda bisa memeriksa reputasi serta kredibilitas developer melalui testimoni konsumen yang sudah menggunakan jasa mereka sebelumnya melalui medsos atau web mereka.

Anda juga bisa meminta saran dari teman dekat atau keluarga yang sebelumnya pernah berurusan dengan developer. Apabila anda ingin mencari sendiri maka pastikan untuk menanyakan informasi jelas seperti berapa lama mereka sudah berkecimpung dalam dunia properti. Atau bisa juga bertanya tentang  jumlah proyek yang berhasil mereka kelola.

Cara cek legalitas Developer perumahan

Cek Latar Belakang

Berikutnya anda dapat cek background developer tersebut. Ini mencakup rekam jejak, profil pengembang, sistem pembayaran, sistem penjualan rumah dan ketentuan perjanjian.

Jika anda merasa ragu dengan legalitas developer tersebut maka anda dapat mengeceknya secara langsung dari situs Kementerian PUPR yang menyediakan layanan SIRENG.

SIRENG merupakan upaya Kementerian PUPR dalam mengawasi kualitas rumah yang dijual oleh pihak developer.

Cek Kelengkapan Berkas

Usahakan untuk memeriksa seluruh proses perizinan developer yang ingin anda gunakan. Anda berhak bertanya serta melihat sertifikat induk tanah atau rumah yang ditawarkan. 

Pengembang yang kredibel tentu tidak ragu untuk menunjukkan kelengkapan legalitas yang dimiliki. Apabila anda membeli rumah, maka anda harus memperhatikan IMB (Izin Mendirikan Bangunan) induk serta IMB unit. Adapun untuk apartemen, anda perlu menanyakan IMB gedung serta dokumen penting pendukung lainnya.

 

Penutup

Demikian ulasan mengenai cara mengecek legalitas developer perumahan yang bisa anda terapkan agar anda bisa mendapatkan hunian seperti yang diharapkan. Tentu anda tidak mau berurusan dengan developer abal-abal yang hanya ingin mengambil keuntungan dari anda.

Sumber Website : https://rumahsubsidicikarang.com