Tips Merawat Laptop

1 min read

laptop

Awet atau tidaknya laptop itu tergantung dari cara pemakaian dan perawatannya. Setiap laptop memiliki ketahan yang berbeda-beda sesuai dengan spesifikasinya.

Nah.. kali ini saya akan sharing tips pemakaian dan cara perawatan laptop yang selama ini saya terapkan. Mungkin saja ini bermanfaat buat sobat yang baru pertama kali beli laptop dan sangat berhati-hati dalam menggunakannya.

Jangan biarkan baterai kosong sampai 0%

Pada laptop merk tertentu, ada fitur cadangan baterai yang bisa membantu mematikan aplikasi atau sistem yang tidak perlu, sehingga baterai cadangan yang hanya sedikit itu bisa dimaksimalkan untuk aplikasi yang sedang dibuka. Saat masuk mode cadangan inilah kamu harus segera mencharger laptop.

Buat kamu  yang laptopnya tidak ada fitur itu, jangan biarkan baterai kosong sampai 0%, minimal 15% kamu harus segera mencharger.

Kenapa tidak disarankan hingga 0% ? Ya supaya baterai laptop kamu awet. Intinya supaya umur baterai bisa panjang.

laptop

Gunakan Windows atau software Asli

Ini pasti yang paling berat. Windows dan software asli memang mahal. Saya sendiri belum mampu membeli windows asli. Tapi syukurnya.. laptop yang saya beli itu sudah include windows asli (windows 10). (include maksudnya sudah termasuk / satu paket dengan laptop)

Kenapa saya sarankan menggunakan windows yang asli ? jadi gini sob.. sistem itu kan gak ada yang sempurna, termasuk windows itu sendiri. Jadi ada kemungkinan OS atau sistem operasi di windows ini bisa error atau ada celah kerusakan (bug) di kemudian hari.

Kalau pakai windows asli, sobat akan mendapatkan update windows terbaru dari Microsoft secara gratis. Ini artinya jika ada kerusakan pada OS, secara otomatis akan diperbaiki oleh perusahaan si pemilik windows 10 ini. Jadi gak usah khawatir kalau OS windowsnya rusak ya sob.. tapi inget.. harus Windows asli.

Bersihkan sampah di laptop

Ini adalah perawatan rutin tiap bulan yang perlu sobat perhatikan. Sistem dan beberapa aplikasi di laptop itu bisa menghasilkan sampah atau file-file bekas yang sudah tidak digunakan lagi. Jika tidak dihapus maka akan menumpuk di sistem dan menjadikan laptop bisa lemot.

Untuk membersihkannya, gunakan saja aplikasi Ccleaner

Demikian tips merawat laptop versi saya, semoga bermanfaat.