Tips Merancang Rumah Islami yang Mudah Terbaru 2020

1 min read

rumah dalam islam

Dalam artian umum, rumah adalah bangunan yang dijadikan sebagai tempat tinggal bagi manusia dan hewan di jangka waktu tertentu. Namun dalam arti khusus, pengertian rumah lebih mengacu pada konsep sosial kemasyarakatan yang terjalin dalam bangunan tempat tinggal, seperti hidup, tidur, beraktifitas, makan, dan lain – lain.

Misalnya, dalam agama Islam ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika membangun sebuah rumah. Apa itu? Simak ulasan selengkapnya dalam tips merancang rumah Islami berikut ini.

rumah dalam islam

Tips Merancang Rumah Islami yang Mudah Terbaru 2020

Sederhana

Menghadirkan kesederhanaan pada rumah Islami, mulai dari ukuran, dekorasi hingga ornamen pelengkap yang lain. Dalam tips merancang rumah Islami Anda juga perlu menghindari penggunaan dekorasi dan tampilan yang berlebih di dalam rumah.

Letak Kamar Mandi atau Toilet

Selanjutnya, perhatikan tata letak ruangan. Hindari meletakkan posisi kamar mandi atau toilet menghadap kiblat. Selain itu, Anda juga perlu menghindari menempatkan kamar mandi membelakangi kiblat.

Tidak Memajang Patung

Salah satu ciri dan karakteristik rumah Islami lainnya adalah bebas dari pajangan yang dilarang dalam ajaran agama Islam. Untuk itu, Anda perlu memastikan rumah tidak pajangan yang tidak diperbolehkan. Jangan sampai memasang hiasan atau pajangan berupa patung, gambar manusia dan binatang di dalam juga luar rumah.

Pajangan yang Dianjurkan

Untuk menciptakan nuansa Islami di dalam rumah, penting untuk menghadirkan hiasan atau ornamen Islami. Seperti, bacaan ayat suci, gambar masjid atau ka’bah, dan tulisan kaligrafi.

Menyediakan Mushola

Tips berikutnya adalah menyediakan mushola di dalam rumah. Hadirnya mushola bisa memberikan ketenangan dan kedamaian bagi keluarga. Selain itu, anggota keluarga dan para tamu yang berkunjung pun bisa beribadah di mushola yang sudah Anda sediakan.

Memisahkan Kamar

Alangkah lebih baiknya lagi jika Anda memisahkan kamar anak laki – laki dan perempuan, apalagi jika anak sudah mulai remaja. Bila perlu, Anda konsultasikan dengan desainer mengenai pemisahan kamar ini untuk mendapatkan penataan ruang yang lebih nyaman.

Demikianlah informasi seputar tips merancang rumah Islami yang mudah terbaru 2020. Semoga bermanfaat. Bagi yang sedang merancang rumah, baca juga warna cat rumah bagian luar yang cerah di https://www.baleagung.com/warna-cat-rumah-bagian-luar-yang-cerah-dan-bagus-dengan-kombinasi-nya/