Tips Menjadi Fotografer

1 min read

laptop

Apakah kamu menyukai seni fotografi dan ingin menjadi seorang fotografer profesional ? Untuk menjadi seorang fotografer, kamu harus mempelajari ilmu fotografi secara mendalam, dan mengenali seluk beluknya. Fotografi merupakan seni dalam mengabadikan objek dari sebuah lensa, kemudian hasilnya akan dicetak menjadi visual yang indah untuk dilihat.

Untuk mendapatkan hasil gambar yang menakjubkan, seorang fotografer profesional tentunya tidak membutuhkan terlalu banyak editing. Namun seiring perkembangan zaman yang semakin canggih, saat ini banyak fotografer yang menggunakan software editing seperti photoshop dan lain-lain, untuk membuat hasil gambar yang lebih menarik. Jika kamu menyukai seni fotografi dan ingin mempelajarinya, maka berikut tips tips menjadi fotografer.

 

Asah kemampuan menggunakan kamera setiap hari

Hal pertama yang harus kamu lakukan untuk mengasah kemampuan mu dalam dunia fotografi adalah dengan berlatih menggunakan kamera setiap hari. Fotolah apapun yang menurutmu menarik untuk difoto, kamu dapat menggunakan kamera jenis apapun. Lakukanlah latihan tersebut secara konsisten, agar keterampilan teknis menggunakan kamera semakin terasah, sehingga semakin mudah memanfaatkan kamera sebagai media untuk menyampaikan visi dari foto yang dibidik.

Untuk menjadi seorang fotografer profesional, tidak harus dengan belajar di sekolah fotografi. Kamu dapat menggali ilmu dari buku-buku tentang dunia fotografi, atau bertanya kepada yang mereka yang sudah berpengalaman atau profesional sebagai fotografer.

 

Menggunakan peralatan yang tepat sesuai jenis pemotretan yang dilakukan

Untuk melakukan proses pemotretan, kamu membutuhkan peralatan yang harus disesuaikan dengan jenis pemotretan yang kamu lakukan. Peralatan yang pada umumnya dibutuhkan adalah 2 kamera dengan lensa bervariasi untuk situasi yang berbeda-beda.

Selain kamera, kamu juga membutuhkan perangkat lunak yang tepat untuk memeriksa hasil pemotretan, agar hasilnya lebih bagus dan menarik. Jadi, gunakanlah peralatan yang tepat untuk setiap pemotretan yang kamu lakukan, agar mendapatkan hasil yang maksimal.

laptop

Teknik yang digunakan ketika memotret

Cara memegang kamera dengan benar adalah salah satu tips untuk mendapatkan hasil foto yang baik. Hasil bidikan kamera akan lebih terfokus jika cara memegang kamera tidak goyang, sehingga gambar yang dihasilkan akan lebih maksimal.

Selain itu, untuk mendapatkan hasil foto yang lebih real dan tegas, kamu dapat mendekatkan dan memfokuskan kamera ke objek yang akan dibidik, sehingga hasilnya lebih terasa hidup.

 

Menguasai kamera yang digunakan

Kamera adalah alat yang memiliki peran penting dalam menghasilkan karya yang baik. Karena itulah ketika kamu akan membeli kamera maka pelajari terlebih dahulu mengenai seluk beluk kamera tersebut, mulai dari pengaturannya hingga ciri khas, dan kelebihan dari kamera tersebut. Pelajari kamera tersebut, hingga kamu mahir menggunakannya.

Kamu dapat melakukan latihan dengan memanfaatkan lingkungan di sekitarmu. Ambillah gambar dengan pengaturan yang bervariasi, hal ini untuk memudahkanmu dalam menentukan peralatan yang sesuai yang akan kamu gunakan nanti saat pemotretan.