Tips Memilih dan Merawat Lampu LED untuk Hunian Anda

1 min read

lampu led

Penggunaan lampu sebagai penerangan menjadi hal yang diperlukan setiap orang, apalagi sekarang ini hampir setiap rumah memiliki lebih dari 5 lampu untuk menerangi setiap ruangan. Tidak heran jika produsen lampu semakin kesini semakin eksis, ditambah lagi dengan berbagai model terbaru yang dikeluarkan. Seperti keberadaan lampu model LED atau Light Emitting Diode menjadi lampu masa kini yang sudah sangat umum digunakan. Ada berbagai kelebihan yang dimiliki oleh jenis lampu tersebut dari pada sebelumnya, inilah kenapa banyak orang yang beralih menggunakan LED.

Sebelum menggunakan jenis lampu LED untuk rumah Anda, kenali terlebih dahulu jenisnya yang ada dipasaran. Ini penting selain dengan memahami tips memilih, Anda perlu paham terlebih dahulu beberapa jenisnya. Berikut ini ada beberapa jenis yang bisa Anda temukan.

lampu led

1.    Lampu USB

Ini merupakan jenis lampu yang memiliki adaptor yang akan menyerahkan arus dari AC menjadi DC. Ini umumnya digunakan untuk jenis lampu yang digunakan pada beberapa alat elektronik, namun sering pula ditemukan dalam beberapa jenis lampu adaptor.

2.    Lampu LED emergency

Ini merupakan salah satu jenis lampu darurat yang bisa membantu Anda untuk mengatasi masalah penerangan ketika terjadi masalah pemadaman. Ini umumnya terdapat beberapa jenis atau model yang bisa Anda pilih. Dipasaran sendiri bisa Anda temukan dalam beragam model atau bentuk. 

3.    Lampu LED strip

Umumnya jenis lampu yang satu ini digunakan pada jenis pemasangan gulungan kabel pita tipis. Tidak heran memang jenis lampu yang satu ini sering digunakan dalam berbagai jenis dekorasi pada berbagai kebutuhan. Anda bisa memasang lampu yang satu ini sesuai dengan keinginan sehari-hari.

 

Setelah mengenal beragam model lampu yang sudah banyak mengadopsi LED, saatnya untuk mengetahui seperti apa tips yang dapat digunakan untuk memilih lampu yang paling tepat. Seperti yang diketahui jika jenis lampu LED terkenal dengan penerangan yang lebih bagus namun hemat listrik. Namun ketika memilih jangan hanya memperhatikan mengenai watt lampu saja, tetapi perhatikan pula mengenai lumen untuk mendapatkan yang paling terbaik dalam tingkat penerangan. Terkadang nilai watt yang lebih besar pada salah satu merek belum tentu memiliki tingkat penerangan yang sama pada jenis watt di merek lainnya.

Terakhir bukan hanya mengenal dan memperhatikan pemilihan lampu LED terbaik yang tepat saja, namun perlu pula memperhatikan perawatan yang sesuai supaya masa pakai lebih lama. Sering ini yang tidak dipahami oleh masyarakat yang menggunakan lampu LED di rumahnya. Terutama untuk jenis lampu LED yang digunakan pada barang elektronik, lampu emergency ataupun yang lainnya. Pahami baik mulai dari pengisian baterai sampai dengan pemakaian supaya lebih tahan lama. Sekian, semoga dapat memberi tambahan informasi bermanfaat mengenai lampu LED yang sering digunakan setiap hari dirumah.