Tips agar Keripik Singkong Balado Tidak Melempem dan Manfaat Keripik Singkong

1 min read

Keripik singkong balado ini diolah dengan beberapa tambahan bumbu. Misalnya bawang putih, cabai merah, gula, dan asam jawa. Keripik singkong yang kualitasnya jelek akan mudah melempem. Cara membuat keripik singkong agar tidak melempem bisa menggunakan mesin keripik singkong agar kualitasnya terjamin. 

Selain dijadikan keripik singkong juga bisa dibuat tepung singkong membuatnya bisa menggunakan salah satu mesin pengolahan tepung singkong / casava. Keripik biasanya dibuat dengan bumbu asin atau gurih, dan keripik singkong juga bisa dibuat dengan bumbu balado manis dan gurih yang enak.

Keripik singkong yang sudah melempem menandakan bahwa keripik itu sudah tidak mempunyai manfaat yang baik untuk tubuh. Sebab itu keripik singkong harus berkualitas agar mendapatkan manfaatnya, Berikut tips singkong agar tidak melempem dan manfaat keripik singkong.

Tips Keripik Singkong Tidak Melempem

1. Singkong harus tipis

Ujung pertama singkong harus sangat tipis. Untuk mempermudah prosesnya, gunakan pisau yang biasa Anda gunakan untuk mengupas kentang atau wortel. Atau ada banyak alat pengiris di pasaran sekarang. Agar irisan singkong tetap tipis, jangan menekannya saat diiris. Semakin keras Anda menekan, singkong akan semakin tebal.

2. Rendam dengan air kapur sirih

Untuk membuatnya renyah, ingatlah untuk merendamnya dalam air kapur sirih dan irisan singkong dalam air tersebut sebelum digoreng. Caranya adalah dengan mencampurkan satu sendok teh air kapur sirih dan satu sendok teh garam ke dalam air. Setelah itu, diamkan selama 15 menit lalu bilas hingga bersih.

3. Menggoreng singkong jadi keripik

Setelah itu singkong harus digoreng dengan minyak yang banyak agar singkong bisa terendam air seluruhnya. Ingat, setelah digoreng jangan terlalu banyak agar keripik singkongnya garing. Tempatkan irisan singkong dalam minyak panas dan tumis di atas api sedang. Dengan cara ini, keripik singkong bisa dimasak hingga garing dan kering.

4. Simpan dengan benar

Setelah seluruh proses selesai, cukup simpan keripik singkong balado dalam toples kedap udara. Keripik kentang juga bisa disajikan selama beberapa hari dan akan menjadi camilan favorit keluarga di rumah. Cara ini berguna bagi semua jenis keripik singkong termasuk keripik singkong balado.

Manfaat Keripik Singkong

1. Sumber serat

Singkong yang merupakan bahan utama dalam keripik singkong sangat bermanfaat dalam menurunkan kadar trigliserida dan merupakan sumber serat yang baik bagi tubuh manusia.

2. Sumber utama karbohidrat

Singkong mengandung kalori dua kali lebih banyak dari kentang. Maka sudah benar jika mengonsumsi singkong dengan porsi yang pas akan mendapatkan manfaatnya. Singkong merupakan salah satu makanan utama sumber karbohidratnya yang tinggi.

3. Mempunyai kandungan protein tinggi

Singkong adalah salah satu makanan yang rendah lemak dibandingkan dengan kacang kacangan atau sereal, tetapi yang menarik dari singkong adalah protein yang tinggi dibandingkan dengan kentang dan pisang.

4. Sumber mineral penting

Keripik singkong atau singkong juga mempunyai manfaat untuk tubuh sebagai sumber mineral seperti seng, magnesium, besi, tembaga dan mangan. Selain itu, kandungan kaliumnya juga membantu mengatur tekanan darah.

5. Melancarkan pencernaan

Serat tidak larut atau serat singkong tidak larut dengan baik dalam air. Sehingga serat ini akan membantu orang yang mengkonsumsi singkong untuk melancarkan buang air besar dan membuat pencernaan sehat.

 

Demikian artikel yang saya jelaskan semoga bermanfaat, terimakasih.