Skema Septic Tank Konvensional Maupun Modern Cocok untuk Skala Rumah Tangga

2 min read

septic tank

Saat sedang pemilihan desain rumah, selain bentuk hingga suasana ruangan di dalamnya yang nyaman. Ada juga yang tidak boleh luput dari perhatian. Salah satunya terkait dengan bagaimana kondisi saluran pembuangan alias septic tank. Oleh karena itu, akan dijelaskan skema septic tank konvensional atau modern yang cocok untuk dipergunakan dalam skala rumah tangga:

 

Perbedaan Septic Tank Konvensional dan Modern

Hal yang nampak mencolok pada septic tank modern dan konvensional terletak pada bahan pembentuknya. Untuk septic tank konvensional menggunakan beton maupun batu bata yang disusun berbentuk persegi. Tipe ini sudah digunakan sejak dulu oleh banyak keluarga. Namun, sekarang banyak orang mulai beralih ke septic tank Biotech yang masuk dalam kategori septic tank modern. 

Dimana septic tank ini menggunakan tangki fiberglass. Pada bagian dalam tangki juga sudah dilengkapi dengan bakteri yang dimanfaatkan sebagai pengurai dan tentunya juga pengolah kotoran.

Jadi jenis septic tank ini lebih kepada penguraian yang sangat baik sehingga limbah tersebut akan sangat aman untuk dibuang ke area publik. Pasalnya untuk aroma, bau dan endapan yang dihasilkan juga tidak ada. Nah, bagi yang ingin tahu informasi lanjutnya, bisa simak di  https://www.biotechno.co.id/septic-tank-bio/.

septic tank

Cara Membuat Skema Septic Tank dengan Mudah

Sebelum terlalu jauh membaca harus paham dulu bagaimana cara kerja septic tank tersebut. Jika sudah bisa memahami cara kerja tersebut. Maka akan lebih mudah dalam membuat skemanya nanti, pasalnya logika berpikirnya sudah sesuai. Berikut cara membuat skema pada septic tank:

1. Gambar Kotak Untuk Beberapa Area Penting

Untuk skema dari septic tank yang pertama adalah menggambar beberapa kotak. Adapun kotak yang pertama diberi tanda kloset, kemudian kotak yang kedua adalah septic tank dan yang ketiga resapan. Tidak lupa juga memberikan penghubung di antara kotak yang dianggap sebagai ruang tersebut. 

Misalnya antara gambar kloset dan septic tank. Kemudian juga septic tank dengan resapan. Maka dengan adanya skema ini pengguna akan jauh lebih mudah untuk melakukan visualisasi bangunan yang hendak dibuat nantinya.

2. Memberikan Alur Kotoran yang Akan Masuk Septic Tank

Setelah membuat gambaran serta pipa, maka harus diperjelas juga kemana alur kotoran hingga sampai ke pembuangan. Untuk mempermudah orang lain memahami gambar tersebut, maka cukup diberikan tanda panah. Misalnya kotoran akan masuk pada septic tank melalui pipa penghubung antara septic tank dan kloset.

3. Memberi Alur Hasil Kotoran yang Terurai Masuk Ke Tanah

Setelah kotoran masuk ke bagian septic tank maka secara tidak langsung kotoran akan terurai dan setelah itu alurnya  adalah dialirkan ke bagian resapan. Adapun arah air setelah ke resapan adalah ke lingkungan ataupun got.

4. Menggunakan Ukuran Sesuai Standar

Adapun untuk ukurannya dalam pembuatan septic tank untuk keluarga menengah yang berisi sekitar 4 hingga 5 orang adalah panjang 2 meter. Kemudian lebar dan tinggi bisa dibuat 1,5 meter. Hal ini berlaku saat membuat septic tank tradisional, namun untuk yang modern bisa disesuaikan dengan ukuran dari pabrik. 

 

Syarat Standar Septic Tank Konvensional Maupun Modern 

Ada hal hal yang menjadi standar yang harus dipenuhi dalam membuat septic tank. Pertama berkaitan dengan septic tank konvensional dinding septic tank yang kedap air. Sehingga harus dilapisi dengan plester aci ataupun buis beton. Hal ini agar tidak terjadi kebocoran di kemudian hari.

Sedangkan untuk yang modern jangan sampai sisa pembuangan detergen ataupun sabun masuk ke dalamnya sebab bisa mengganggu kinerja bakteri pengurai. Terkait dengan jarak, usahakan antara bangunan sumur rumah dengan septic tank harus berjarak minimal 10 meter. Hal ini untuk meminimalisir terkontaminasinya air sumur dengan limbah pada septic tank. 

 

Demikian itu paparan informasi mengenai  skema septic tank konvensional maupun modern yang bisa dijadikan inspirasi. Peran septic tank dalam rumah sangat penting, walaupun banyak orang tidak memperdulikan hal tersebut. Dan untuk informasi lebih lengkap mengenai bisa diakses di website yang sudah disebutkan tadi.