Prospek Kerja Farmasi untuk Alumni Farmasi yang Kurang Populer

1 min read

Farmasi adalah salah satu jurusan kuliah yang banyak diminati anak-anak yang baru lulus SMA. Jurusan ini terfokus pada kimia, matematika, biologi, dan lain sebagainya untuk menciptakan produk yang berguna untuk masyarakat. Selain jadi apoteker, seorang lulusan farmasi ini punya prospek kerja yang luas, yaitu seperti:

Menjadi Penyuluh Kesehatan kepada Masyarakat

Selain apoteker, seorang lulusan farmasi juga berkesempatan untuk melakukan penyuluhan kesehatan pada masyarakat loh. Bukan hanya lulusan komunikasi dan kesehatan masyarakat saja yang bisa melakukannya. Kamu pun nantinya bisa menjadi penyuluh dan memberikan ilmu bermanfaat untuk masyarakat luas.

Tapi, sebaiknya kamu hanya menjadi penyuluh mengenai obat-obatan atau kosmetik yang sangat berkaitan dengan jurusan ini. Sebaiknya jangan melenceng jauh apalagi jika kamu tidak menguasai teorinya.

Umumnya, para lulusan farmasi ini melakukan penyuluhan tentang obat-obatan di mana masih banyak orang yang menyalahgunakannya. Katakan saja antibiotik yang saat ini banyak dibeli oleh masyarakat luas tanpa resep dokter. Padahal penggunaannya perlu hati-hati jika tidak ingin akibat fatal terjadi.

Bekerja di Lembaga Pemerintah

Selain bekerja sebagai penyuluh di lapangan, kamu bisa juga bekerja di lembaga pemerintah salah satunya di Badan Pengawas Obat dan Makanan atau BPOM. Di sini ada banyak sekali posisi kerja yang bisa kamu isi.

Biasanya untuk bekerja di lembaga pemerintah ini kamu harus melakukan tes seleksi yang cukup ketat. Hanya kandidat terbaik saja yang bisa masuk dan bekerja di ranah pemerintahan satu ini.

Bekerja di Lembaga Swasta

Selain bekerja di lembaga pemerintahan, kamu pun juga bisa bekerja di lembaga swasta. Ya, ada banyak sekali perusahaan swasta yang bergerak pada bidang farmasi sehingga kamu bisa mencobanya.

Tapi tetap ingat bahwa untuk bekerja di lembaga swasta harus hati-hati sebab mungkin saja perusahaannya belum dibuat. Kamu harus benar-benar memperhatikan juga track record perusahaan itu sebelum mau diterima kerja di sana.

Bekerja di lembaga swasta ini juga cukup menggiurkan karena gajinya cukup besar jika dibandingkan dengan biasa. Tapi untuk pesangonnya, berbeda dengan PNS yang mana tetap dapat sesuai dengan golongan.

Di lembaga swasta ini, nantinya kamu akan disuruh sesuai dengan kebutuhan dari perusahaan itu sendiri.  Kamu bisa memilih apakah harus masuk ke lembaga pemerintahan atau swasta dengan pertimbangan yang matang.

Menjadi Peneliti di Bidang Farmasi

Selain poin-poin di atas, kamu juga bisa menjadi peneliti di bidang farmasi loh.  Ya, apabila kamu punya ketertarikan pada dunia informasi dan  farmasi sebaiknya persiapkan diri terlebih dahulu. Kamu harus banyak belajar mengenai kimia sehingga bisa menemukan ilmu-ilmu yang baru dan bermanfaat untuk orang lain.

Bahkan penelitian ini bisa dilakukan tanpa menggunakan biaya. Ya, selama kamu berprestasi ada banyak sekali beasiswa yang bisa kamu dapatkan. Jadi, penelitian akan dibayar langsung oleh negara apalagi jika penelitiannya ini memang berhubungan dengan proyek pemerintahan.

Itulah beberapa contoh prospek kerja farmasi yang harus kamu ketahui sebelum memilih jurusan untuk kuliah. Sebenarnya, ijazah farmasi tidak selalu harus bekerja di farmasi apalagi kini banyak pekerjaan yang tanpa kualifikasi jurusan. Tapi, jika kamu ingin bekerja sesuai jalurnya, itulah gambarannya.

Bagi kamu yang ingin mendapatkan informasi kuliah atau daftar kuliah dengan mudah bisa berkunjung ke goKampus. Di sini, kamu bisa mendapatkan informasi yang sangat berguna untuk masuk ke dunia perkuliahan.