Perawatan Sofa Berbahan Kain

1 min read

Sofa merupakan salah satu furniture rumah yang sangat penting. Sofa sendiri menjadikan suatu ruangan lebih nyaman dan tentu saja menarik. Setiap orang pasti menginginkan sofa yang terbaik untuk setiap ruangan.

Salah satu sofa yang paling diminati adalah sofa berbahan kain. Sofa kain ini memberikan kesan yang elegan dan mewah pada ruangan. Sofa akan sering digunakan dan akan menjadi cepat kotor. Ada banyak kegiatan yang dilakukan disofa seperti memakan cemilan diatas sofa, bermain di atas sofa. Jika sofa kain dirumah terdapat sarung pembungkus akan lebih mudah untuk membersihkannya dengan melepas sarung pembungkus tersebut. Apabila tidak terdapat sarung pembungkus ada cara lain untuk tetap membersihkannya.

 

Cara Merawat Sofa Kain

1.Membersihkan dengan penyedot debu

Akan ada banyak sisa makanan seperti remahan biskuit yang tertinggal saat anak-anak memakan camilannya diatas sofa.Jelas saja harus segera dibersihkan. Akan ada banyak debu juga yang menempel pada permukaan sofa. Bersihkan sisa makanan dan debu pada sofa dengan vacuum cleaner. Pakailah vacuum cleaner handheld agar lebih mudah membersihkan. Gunakan vacuum cleaner secara searah kemudian setel dalam kecepatan sedang. Bersihkan dengan perlahan dari ujung sudut sofa sampai benar-benar bersih. Setelah membersihkan sofa sampai sudut, bersihkan bagian dalam sofa juga. Agar lebih maksimal gunakan jasa cuci sofa pontianak terdapat tenaga yang profesional.

2. Penggunaan cairan pembersih

Akan terdapat noda membandel pada sofa saat hampir semua kegiatan dilakukan di sofa. Untuk menghilangkan noda membandel tersebut bisa menggunakan cairan pembersih berupa deterjen cair. Bahan ini sangat mudah ditemui seperti di supermarket. Caranya sangat mudah, cukup campurkan deterjen cair dengan air hangat. Lalu lap sofa kain dengan cairan tersebut menggunakan kain yang bersih atau menggunakan sikat dengan bulu halus jika terdapat noda membandel yang sulit hilang.

3.Bersihkan dengan alkohol

Membersihkan sofa dengan alkohol ini sangat mudah dilakukan serta kering dalam waktu yang cepat. Caranya pun sangat mudah, teteskan saja alkohol pada permukaan sofa yang terdapat noda atau taruh terlebih dahulu alkohol pada botol penyemprot, lalu semprotkan pada noda. Alkohol akan dengan cepat menguap kemudian kering dan noda pun juga menghilang.

4. Menggunakan tisu basah

Saat tidak sengaja menumpahkan camilan atau minuman diatas sofa dan takut akan membuat bekas, segera lap dengan tisu basah untuk menghilangkan noda pada permukaan sofa. Tisu basah memiliki permukaan yang lembut sehingga tidak merusak permukaan sofa. Setelah sofa dilap menggunakan tisu basah, kemudian keringkan.

5. Bersihkan dengan pasta gigi

Pasta juga bisa untuk membersihkan noda pada permukaan sofa. Pasta gigi mudah ditemukan seperti di supermarket. Untuk membersihkan sofa menggunakan pasta gigi perlu menyiapkan semprotan dan lap bersih. Caranya dengan menyemprotkan pasta pada sofa, kemudian diamkan sebentar supaya semua noda pada permukaan sofa kain terangkat. Lap menggunakan lap bersih dengan perlahan.

 

Tips Ketika membersihkan sofa kain

Saat membersihkan sofa kain perlu beberapa tips yang harus dilakukan agar tidak merusak sofa.

    Jangan membersihkan dudukan sofa setiap minggu karena akan menyebabkan sofa menjadi kusut dan cepat berbulu sehingga terlihat usang.

    Kenali bahan sofa yang Anda miliki dengan baik. Setiap bahan memiliki perawatan yang berbeda

    Jangan menggunakan cairan pemutih, karena terdapat bahan kimia yang keras sehingga dapat merusak bahan sofa.

  Hindari sinar matahari secara langsung saat menjemur sofa, karena hal itu akan merusak warna sofa.

 

Itulah beberapa cara merawat sofa dan juga sedikit tips yang harus dilakukan saat membersihkan sofa kain Anda. Lakukan cara tersebut secara rutin agar sofa kain Anda tetap awet dan terawat dengan baik. Semoga bermanfaat.