Pengertian Iklan Media Cetak beserta Jenis-jenisnya

1 min read

Terdapat berbagai jenis iklan yang dapat digunakan untuk memasarkan sebuah bisnis. Saat ini jenis yang masih sering digunakan adalah iklan media cetak. Jenis tersebut masih dipakai karena memang sangat menguntungkan. Di sini akan dibahas mengenai iklan dengan media cetak secara lengkap.

 

Pengertian

Apabila pernah melihat sebuah iklan di sebuah spanduk besar atau di brosur, maka itulah yang dinamakan iklan media cetak. Dilihat dari nama jenisnya saja sudah ketahuan, jika iklan dibuat dengan cara dicetak. Biasanya untuk iklan jenis ini lebih murah dan juga lebih efektif untuk disebarkan.

Tidak hanya di brosur saja, di koran pun termasuk dalam iklan jenis ini. Banyak media yang dapat dimanfaatkan untuk memasang iklan jenis cetak. Untuk tarifnya biasanya berdasarkan desain yang digunakan atau bahkan ada yang berdasarkan jumlah kata.

Lihat Juga: jasa press release media nasional dan regional

Biasanya, penggunaan metode ini untuk iklan yang bersifat singkat saja. Bisa iklan mencari tenaga kerja, iklan sebuah acara, dan juga lain sebagainya. Apalagi, jika ingin disebarkan ke daerah yang terpencil. Penggunaan media cetak ini sangatlah cocok dan tentunya lebih efektif.

Jenis-jenis

Pada iklan jenis media cetak ini ternyata masih terdapat jenis-jenis lainnya lagi. Biasanya untuk pembagian jenisnya ini, berdasarkan media yang digunakan. Jika ingin memasang iklan dengan media cetak, bisa dengan memilih jenisnya seperti di bawah ini:

1. Iklan Brosur

Pasti pernah kan ada yang menerima sebuah brosur yang berisi suatu iklan. Biasanya brosur atau selebaran dibagikan atau disebarkan di jalanan. Isi dari brosur tersebut yang sudah pasti iklan tentang produk atau jasa. Jangkauan dari iklan brosur ini lebih luas.

Selain disebarkan dengan cara yang acak, biasanya akan ditempelkan pula pada tempat-tempat tertentu. Tempat yang digunakan tempat umum yang biasanya dikunjungi, sehingga banyak yang melihat serta membacanya. Jadi, iklan akan tersebar luas dengan mudah dan cepat.

2. Iklan Baris

Untuk jenis yang selanjutnya yaitu ada iklan baris, pasti ada yang bingung kan mengenai iklan baris ini. Jenis iklan satu ini biasanya akan didapati di media cetak koran. Isinya pun hanya beberapa baris saja dan tidak sepanjang iklan biasanya.

Umumnya, iklan baris ini digunakan untuk mencari tenaga kerja, mencari sebuah jasa, atau hal lainnya. Untuk kata-kata yang digunakan pun disingkat, karena ruang yang diberikan pun terbatas. Biasanya tarif dari iklan baris ini berdasarkan jumlah kata yang digunakan pada koran.

3. Iklan Spanduk

Apabila pernah melihat sebuah iklan dengan menggunakan ukuran besar yang dipasang di pinggir jalan itulah iklan spanduk. Biasanya digunakan untuk mempromosikan suatu produk yang sudah besar. Bisa juga digunakan untuk menginformasikan sebuah acara yang akan datang.

Untuk penayangan iklan ini terbatas berdasarkan perjanjian sewa tempat tersebut. Yap, untuk memasang iklan spanduk tidaklah gratis. Biasanya akan terdapat sebuah agen yang menyewakan tempat tersebut. Untuk tarifnya berdasarkan lokasinya serta akan berapa hari dipasang.

4. Iklan Kolom

Jenis iklan yang terakhir adalah iklan kolom, untuk iklan ini juga ada di koran. Untuk ukurannya lebih besar dari iklan baris. Karena, ukurannya yang lebih besar kata-kata yang digunakan pun lebih menarik. Biasanya terdapat juga gambar yang mendukung iklan tersebut.

 

Itulah beberapa informasi mengenai iklan media cetak, mulai dari pengertian hingga jenis-jenisnya. Masih ada banyak jenis lainnya yang juga termasuk ke dalam iklan dengan media cetak. Untuk biayanya sendiri berdasarkan jenis iklan yang dipakai.

Referensi: https://kaptenseo.com