Pengertian Gamelan dan Jenisnya

1 min read

Gamelan adalah salah satu jenis alat musik tradisional yang berasal dari Jawa, Bali dan juga Lombok. Bagi kita bangsa Indonesia tentu sudah tidak asing lagi dengan istilah gamelan, karena alat musik ini sudah ada sejak dulu.

Mulanya adanya musik gamelan ini sangat mendominasi sejarah Indonesia yang didahului dengan budaya Hindu-Budha, selain itu juga musik ini salah satu alat musik yang asli dari Indonesia.

Jika dilihat dari segi kejawen, gamelan ini diciptakan oleh Sang Hyang Guru pada Era Saka, yakni dewa yang memegang seluruh tanah Jawa, dan juga istana di gunung Mahendra di Medangkamulan (sekarang Gunung Lawu).

Nah langsung saja kita bahas tentang arti dari gamelan, jenis dan juga perkembangannya. Berikut penjelasannya:

Pengertian Gamelan dan Jenisnya

Pengertian Gamelan

Gamelan merupakan salah satu alat musik yang sangat sering kita temukan di Indonesia, karena alat musik ini memang berasal dari Indonesia tepatnya di Jawa, Bali dan juga Lombok.

Gamelan berasal dari kata di bahasa Jawa yakni "gamel" yang berarti menabuh atau memukul, dan pada akhirannya ditambahkan kata an yang berarti membentuk suatu kata benda.

Sehingga gamelan merupakan alat musik yang dimainkan dengan cara ditabuh atau dipukul.

Masyarakat jawa tradisional meyakini bahwa gamelan ini adalah alat musik yang digunakan untuk mengiringi atau menyampaikan pesan yang sifatnya khusus.

Pada saat itu gamelan juga berkembang pesat di zaman Majapahit, hingga menyebar ke beberapa daerah di Jawa, Bali dan Sunda.

Jenis-jenis Gamelan

Ada beberapa jenis gamelan yang memiliki kegunaan atau fungsi yang berbeda, diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Gamelan Gedhe

Yang pertama adalah gamelan gedhe, dimana dalam gamelan ini terdiri dari laras slendro dengan laras pelog. Gamelan ini biasanya digunakan untuk keperluan konser karawitan atau uyon-uyon.

2. Gamelan Wayangan

Jika kita lihat dari namanya, jenis gamelan ini digunakan untuk mengiringi pertunjukkan wayang. Baik itu wayang dari kendang, gender barung, saron barung dua buah, kecer, ketuk kempyang, dan masih banyak lagi lainnya.

Baca Juga : https://www.pendidik.co.id/

3. Gamelan Pakur Matan

Jenis gamelan pakur matan ini dapat digolongkan lagi menjadi 3, yakni:

  • Gamelan Monggang, yakni biasanya dipakai saat mengiringi grebeg mulud pada saat keluar gunungan.
  • Gamelan Carebaen, yakni biasanya dimainkan di kalangan rumah tangga, untuk menyambut tamu dan lain sebagainya.
  • Gamelan Kodhok ngorek, yakni biasanya digunakan untuk seorang raja yang akan mengkhitankan anaknya.

Nah itulah tadi penjelasan singkat Pengertian Gamelan dan Jenisnya. Semoga bermanfaat. Terimakasih 🙂