Para Pelaku Usaha Wajib Tahu 6 Kelebihan WhatsApp Bisnis

2 min read

Perkembangan teknologi di era modern seperti saat ini sedikit banyak turut mempengaruhi perkembangan dunia bisnis, mulai dari usaha kecil-kecilan hingga usaha skala besar. Sehingga para pelaku usaha di era digital dituntut agar dapat memanfaatkan teknologi untuk memajukan usahanya, salah satunya dengan menggunakan WhatsApp bisnis.

 

WhatsApp Business, Apa Itu?

WA bisnis atau business merupakan aplikasi yang didesain khusus bagi para pemilik usaha untuk memajukan usahanya. Aplikasi berikut ini dapat diunduh secara gratis, fitur-fitur yang disediakan pun sangat membantu para pelaku bisnis agar dapat berkomunikasi dengan pelanggan secara cepat dan mudah. WA bisnis bisa diunduh di ponsel dengan sistem operasi Android maupun iOS.

Kelebihan

Terdapat beberapa kelebihan yang ditawarkan pihak WhatsApp untuk aplikasi satu ini, diantaranya:

1. Pelanggan Akan Melihat Sebagai WhatsApp Business

Ketika calon pelanggan ingin menghubungi secara personal dan memilih untuk mengirim pesan melalui WA, nantinya pada bagian paling atas akan terlihat pemberitahuan bahwa Anda menggunakan WA bisnis untuk berkomunikasi dengan pelanggan. Hal ini pun dirasa cukup penting, karena dengan adanya pemberitahuan tersebut calon pelanggan akan lebih percaya terhadap bisnis milik Anda.

2. Terdapat Fitur Away Message

Tak jarang calon pelanggan yang bertanya mengenai produk dan mengirim pesan melalui WA di luar jam kerja. Sebagai pelaku usaha yang baik, Anda dapat memanfaatkan fitur Away Message ini untuk membalas pesan calon pelanggan setiap saat.

Fitur yang satu ini merupakan fitur pesan otomatis yang memungkinkan penjual membalas pesan saat itu juga, ketika penjual tidak dapat membalas chat dengan cepat.

3. Terdapat Fitur Quick Reply

Selain fitur Auto Response, terdapat fitur lain yang juga sangat membantu pelaku usaha yakni fitur Quick Reply. Dengan memanfaatkan fitur yang satu ini, penjual tak perlu kesulitan membuat kalimat misalnya kalimat sapaan atau terima kasih kepada pelanggan.

Pasalnya, Anda dapat mengetik satu atau dua kata saja dan nantinya akan secara otomatis muncul kalimat tanpa perlu mengetik panjang.

4. Menandai Pelanggan Dengan Label Chat

Untuk mempermudah pelaku bisnis, apk yang satu ini juga menawarkan fitur label chat yang memungkinkan penjual untuk mengkategorikan konsumen dengan label warna. Contohnya Anda dapat mengkategorikan konsumen dengan label pembeli baru, pelanggan lama, sedang menunggu pembayaran, pesanan berhasil, dan lain sebagainya.

5. Memantau Pesan Terkirim

Tak hanya itu, WhatsApp business juga menyediakan fitur statistik pesan yang dapat digunakan untuk memantau pesan terkirim sehingga dapat digunakan untuk melakukan follow up. Selain itu pelaku usaha juga dapat memilih kategori bisnis yang telah tertera, jika tidak ada maka dapat memilih opsi “others”.

6. Terdapat Fitur Katalog

Pada WA business juga dihadirkan fitur katalog, yang dapat digunakan sebagai etalase produk dan nantinya dapat dilihat oleh pelanggan ketika melihat profil milik Anda.

7. Bisa menggunakan aplikasi pihak ke 3

Saat ini sudah sangat banyak aplikasi pendukung untuk membuat bot auto reply dan juga api whatsapp business. Dimakan dengan aplikasi pihak ke 3 ini anda bisa membuat penjawab otomatis sehingga anda bisa online 24 jam nonstop tanpa harus buka whatsapp.

 

Perbedaan Tampilan WhatsApp Business dan Biasa

Terdapat beberapa perbedaan tampilan WA versi bisnis dengan versi biasa, diantaranya:

  1. Perbedaan pada logo, karena versi business terdapat logo huruf B
  2. Profil versi business terdapat shopping retail atau informasi jenis usaha
  3. Warna latar biru tua ke abu-abuan, berbeda dengan versi biasa yang berwarna hijau tua
  4. Pada bagian pengaturannya pun berbeda, karena versi business terdapat pengaturan jam operasional, alamat email, lokasi bisnis, hingga alamat website

 

Dengan WhatsApp business, para pelaku bisnis dapat melakukan komunikasi dengan calon konsumen ataupun pelanggan lama dengan cepat dan mudah. Hal tersebut pun sangat penting, mengingat komunikasi menjadi salah satu kunci utama kesuksesan usaha. Bagaimana, Anda tertarik untuk menggunakan aplikasi ini?