Mengenal Manfaat Cat Interior Anti Rembes

1 min read

cat anti rembes

Pernahkah Anda menemukan dinding yang basah karena rembesan air? Tembok yang rembes ini bisa karena air hujan atau pada lokasi tertentu yang berdekatan dengan sumber air, misalnya kamar mandi. Hal yang bisa Anda lakukan untuk mengatasinya adalah dengan menggunakan cat interior anti rembes.

Sebagian besar penyebab rembes adalah air hujan yang masuk dan terserap melalui pori-pori tembok. Jika kondisi ini dibiarkan begitu saja, maka akan merusak tembok dan tentunya menjadi tidak sehat bagi penghuni rumah. Cat anti rembes ini memiliki bahan waterproof untuk menahan tempias air yang masuk.

Manfaat Penggunaan Cat Interior Anti Rembes

Cat jenis ini banyak juga disebut dengan cat waterproof. Bahan campurannya adalah minyak, lateks, serta concrete base yang dapat menahan atau mencegah air agar tidak tembus ke permukaan dinding. Manfaat yang didapatkan dari penggunaan cat anti rembes ini adalah sebagai berikut.

cat anti rembes

1. Mencegah Rembesan dan Kebocoran

Pada saat musim hujan, cat anti rembes ini mungkin menjadi cat yang paling dibutuhkan. Terutama untuk bagian tembok yang terkena air hujan dari luar. Pori-pori tembok ini dapat digunakan oleh air sehingga rembes hingga ke bagian dalam rumah.

Apabila air telah rembes, maka tembok akan tampak menggelembung dan cat mulai mengelupas di sekitar area rembesan. Hasilnya tembok menjadi jelek karena pengelupasan cat yang bisa semakin parah.

Dengan menggunakan cat anti rembes ini, mampu mencegah air dari luar agar tidak tidak masuk melalui pori-pori tembok. Tempias air tidak akan membuat tembok menjadi rembes. Keindahan cat dan tembok akan terjamin dan tidak mudah rusak.

2. Mencegah Munculnya Jamur

Tembok yang mengalami rembesan air, mau tidak mau akan berubah menjadi lembab. Kondisi ini akan meningkatkan kemungkinan munculnya jamur. Pertumbuhan jamur ini sangat cepat sehingga membuat tembok menjadi rusak dan tidak menarik lagi.

Keberadaan jamur pada tembok rumah juga mengancam kesehatan bagi para penghuninya. Tentu saja jamur-jamur ini akan menjadi tempat tumbuhnya bakteri penyebab penyakit. Fungsi dari cat anti rembes juga bisa sebagai penghalau jamur pada tembok rumah.

3. Dinding Lebih Mudah Dibersihkan

Sifat cat yang waterproof ini adalah tidak menyerap air. Jadi Anda bisa dengan mudah membersihkan permukaan tembok dari noda yang menempel. Contohnya adalah terkena cat air, krayon, hingga bekas minyak goreng.

Cara membersihkannya cukup dengan menggunakan spons, sikat, dan air sabun. Gosokkan perlahan pada permukaan yang ada nodanya. Cara ini tidak akan merusak tembok karena permukaannya telah dilapisi oleh waterproof.

4. Beberapa Tempat yang Perlu Cat Anti Rembes

Selain tembok bagian luar, ada beberapa tempat yang perlu untuk diaplikasikan cat anti rembes ini. Termasuk area interior rumah, seperti kamar mandi dan tembok yang berhubungan dengan area luar. Tujuannya adalah untuk menghindari ancaman rembesan air dari luar.

Area kamar mandi adalah area yang paling sering terkena air. Penggunaan cat anti rembes sangat disarankan agar kondisi tembok tetap kering dan tidak mengalami kerusakan karena air yang merembes di dalamnya.

Apabila ada dinding luar rumah yang terkena tempias air hujan langsung, maka ada baiknya untuk sisi dalamnya juga dilapisi dengan cat waterproof ini. Perlindungan double dari luar dan dalam akan semakin menguatkan ketahanan tembok dari rembesan air.

Melapisi tembok rumah dengan cat interior anti rembes akan sangat bermanfaat untuk keawetan dan keindahan tembok. Air tidak bisa masuk melalui celah tembok sehingga tembok tidak mudah rapuh dan cat tidak mudah mengelupas. Perawatan rumah juga menjadi lebih ringan.