Langkah Mengebor Plat Besi dengan Benar

1 min read

RECOMMENDED Holesaw Besi Hole Saw Metal HSS 65mm Nankai Mata Bor Pelubang  Plat di Lapak Govetz Store | Bukalapak

Membolongi plat besi ialah aktivitas yang gampang dikerjakan. Bahkan juga, siapa saja dapat melakukan seandainya ada alatnya dan mengenali tekniknya. Sayang, tidak seluruhnya orang mengenali teknik mengebor plat besi. Hingga, lumrah bila beberapa orang memakai layanan bor plat besi.

Jadi, ada teknik tertentu yang perlu kalian kuasai dalam hal mengebor plat besi. Bila kalian tidak paham triknya, kemungkinan kalian akan ‘buang – buang waktu', semakin lama, sebab ketidak-tahuan. Bahkan juga, memungkinkan mata bor akan kerap tersangkut.

Langkah Mengebor Plat Besi dengan Benar

RECOMMENDED Holesaw Besi Hole Saw Metal HSS 65mm Nankai Mata Bor Pelubang  Plat di Lapak Govetz Store | Bukalapak

Nah, supaya kalian bisa lakukan pengeboran pelat secara sendiri, kesempatan ini kita akan memberi triknya untuk kalian. Turuti beberapa langkah di bawah ini dengan cermat dan terapkan secara benar!

1. Persiapkan Perlengkapan

Langkah awal yang perlu kalian kerjakan ialah mempersiapkan perlengkapan. Minimal ada lima perlengkapan dan peralatan yang diperlukan untuk melakukan pengeboran plat besi, salah satunya drill lubricant, mata bor besi, mesin bor, center punch dan pencapit(clamp). Silahkan kita ulas satu demi satu!

Pertama, drill lubricant. Drill lubricant ialah pelumas spesial untuk mengebor plat besi. Nah, kalian sesungguhnya dapat memakai pelumas WD yang umumnya dipakai bersihkan karburator.

Kedua, mata bor besi. kalian harus memakai mata bor besi sama ukuran yang sesuai keperluan. Jadi, tidak boleh begitu kecil atau begitu besar.

Ketiga, mesin bor. Mesin bor yang dipakai lebih bagus yang memiliki ukuran 10 – 13 mm.

Keempat, center punch. Center punch ini berperan untuk memberi sinyal di titik yang akan dikerjakan pengeboran. Selain itu, center punch berperan membuat cengkungan pada plat besi. Hingga, mata bor bisa dengan gampang masuk di plat besi tanpa perubahan.

Kelima, pencapit (clamp). Pencapit ini berperan untuk meredam besi yang paling rawan bergerak waktu proses pengeboran. Dengan memakai pencapit, lubang yang di bor nanti akan bertambah lebih lembut dan prima.

2. Kerjakan Pengeboran

Sesudah mengumpulkan seluruh peralatan yang diperlukan, waktunya kalian lakukan pengeboran. Triknya, capit besi dengan alat pencapit supaya tidak bergerak atau berubah kemanapun.

Selanjutnya, tempatkan besi dalam posisi siap di bor. Bila telah kuat dan tidak berubah, berikan tanda titik dengan center punch di bagian yang akan di bor. Kemudian, beri pelumas di bagian itu.

Mulai lakukan pengeboran di titik yang sudah kalian bikin. Harus di ingat, kerjakan pengeboran dengan speed perlahan sambil didorong perlahan juga. Nah, di sini sebaiknya kalian bukan hanya memakai dorongan tangan saja, tetapi tubuh kalian turut menggerakkan mesin bor itu.

kalian bisa menambahkan speed bor bila mata bor terlihat akan tembus pelat besi. Juga kalian dapat menambahkan speed sampai optimal. Langkah ini perlu dikerjakan supaya mata bor tidak tersangkut di plat besi. Karena, saat mata bor telah tembus pelat besi, plat besi itu akan melunak hingga bisa membuat mata bor tersangkut.

Nah itu dia tips langkah mengebor plat besi dengan benar, bila kalian belum bisa mengerjakannya bisa menggunakan jasa bor plat besi murah.

Terimakasih… Stay safe yaa