Lakukan Inovasi pada Bisnis Keripik Tempe di Pasaran

2 min read

keripik tempe

Bisnis keripik tempe sebenarnya dapat dijalankan oleh seluruh kalangan, dari berbagai kalangan tersebut kamu harus menyiapkan pula berbagai inovasi untuk membuat bisnis keripik tempemu dapat bersaing di pasaran. Selain itu kamu juga dapat menaikkan angka penjualan hanya dengan melakukan sebuah inovasi. Seperti menambahkan rasa baru, ataupun kamu mengubah kemasan keripik tempe yang kamu tawarkan.

Semakin banyak yang membuka bisnis keripik tempe maka akan semakin banyak pula sainganmu dalam berbisnis. Mengetahui hal tersebut kamu harus semakin jeli dalam melihat sebuah peluang. Berikut ini akan sama sama kita bahas seputar bisnis keripik tempe, silahkan disimak sampai habis ya! Siapa tau dalam bacaan ini ada beberapa hal yang dapat kamu terapkan juga dalam bisnis keripik tempe mu.

 

Keripik Tempe

keripik tempe

Keripik tempe ini merupakan salah satu dari sekian jenis makanan kering yang dibuat dari kacang kedelai dengan melalui proses penggorengan sampai nanti terbentuk keripik tempe yang gurih. Umumnya keripik tempe ini memiliki rasa gurih dengan aroma bawang yang lezat.

Namun seiring dengan berkembangnya zaman, keripik tempe pun mulai banyak menawarkan berbagai macam rasa. Seperti halnya BBQ, balado, asin, pedas, pedas asin, pedas manis, dan masih beragam lagi. Memiliki banyaknya rasa yan ditawarkan, maka semakin banyak pula orang yang menyukai makanan kering ini. Dengan begitu bisnis keripik tempe pun akan semakin tersebar di berbagai daerah.

 

Cara Memulai Bisnis Keripik Tempe

Hal ini akan cocok dengan kamu yang mulai tertarik atau bahkan sudah berpikiran untuk menjalankan bisnis keripik tempe, karena dibawah ini akan termuat beberapa cara yang dapat dilakukan untuk memulai bisnis keripik tempe.

1. Menentukan Skala Usaha

Setiap akan memulai sebuah bisnis, hal utama yang harus dilakukan adalah menentukan skala usaha. Karena dengan begitu, kamu akan dapat melakukan beberapa langkah yang akan kamu lakukan untuk bisnis keripik tempemu ini. Jika kamu sudah menentukan skala usaha, kamu dapat mulai melakukan persiapan serta perhitungan modal supaya kedepannya bisnismu dapat lebih mudah saat dijalani.

2. Membuat Kemasan yang Menarik

Selain rasa yang akan kamu tawarkan pada konsumenmu, hal pertama yang akan dilihat adalah kemasan. Dengan begitu maka kemasan akan menjadi icon dari produk keripik tempe yang kamu tawarkan. Sama halnya dengan sebuah buku, kamu juga harus membuat cover terbaik dari produk yang akan kamu tawarkan yang mana dalam hal ini berarti kamu harus membuat sebuah kemasan yang menarik untuk produk keripik tempe mu.

3. Perhatikan Kualitas Tempe

Kualitas juga menjadi hal penting pada setiap bisnis terlebih lagi bisnis makanan. Karena dengan kualitas yang bagus nantinya produk yang kamu tawarkan akan dapat dengan cepat terkenal di pasaran. Dengan terkenalnya produkmu dipasaran maka akan semakin tinggi pula angka penjualan dari produkmu.

Pada makanan kering jenis keripik, kualitas yang dapat ditingkatkan dan dipertahankan adalah kerenyahan, maka dari itu saat proses penggorengan kamu dapat menggunakan mesin peniris minyak supaya minyak yang ada dari penggorengan dapat benar benar tiris dan keripikmu akan mendapatkan kerenyahan yang maksimal.

4. Tentukan Proses Pemasaran

Hal ini juga penting untuk dilakukan sebelum kamu memulai bisnis, karena pada proses pemasaran ini kamu akan memiliki kesempatan untuk dapat menarik konsumen atau bahkan pelanggan, dengan begitu maka permintaan produk pun akan dapat meningkat. Dalam hal ini kamu harus benar benar menentukan proses pemasaran yang tepat untuk produk keripik tempe mu.

 

Peran Pengemasan dalam Bisnis Keripik Tempe

peranan kemasan

Seperti halnya yang disebutkan pada poin nomor 2, kemasan sangat berperan penting dan memiliki manfaat yang akan menguntungkan. Berikut ini merupakan beberapa fungsi atau peranan utama dari kemasan.

  1. Kemasan dapat menjaga keripik supaya tetap bersih dan berkualitas
  2. Kemasan dapat melindungi kerupuk dari kerusakan fisik
  3. Kemasan memudahkan konsumen untuk mengkonsumsi, membuka, menutup, serta dalam hal pengangkutan.
  4. Kemasan dapat memperlihatkan identitas, informasi, serta beberapa hal yang akan meningkatkan penjualan.

Dengan begitu maka kemasan dinilai sangat penting untuk mempertahankan kerenyahan pada keripik tempe yang ada di dalamnya pada waktu yang relatif lama. Pada hal ini pemilihan bahan kemasan juga akan mempengaruhi umur simpan dari keripik tempe. Dalam mempertahankan kerenyahan, pada produksinya kamu juga dapat menggunakan mesin spinner minyak supaya keripik dapat matang dengan rata sebagaimana mestinya.

 

Penutup

Bisnis keripik tempe semakin berkembang setiap tahunnya, dengan begitu maka kamu harus meningkatkan berbagai aspek yang berhubungan pada kualitas produk keripik tempe yang kamu tawarkan. Salah satunya yaitu pada kemasan, terlebih lagi pada perkembangan zaman ini semakin banyak kemasan yang menawarkan berbagai kelebihan untuk menguntungkan bisnis yang kita punya.

Jika kamu telah membaca artikel ini sampai sini, maka kamu telah membacanya sampai akhir. Terima kasih telah membaca, semoga bermanfaat dan salam pebisnis!