Keutamaan Membaca Al Quran Bagi Umat Muslim

1 min read

Al Quran merupakan kitab suci umat Islam yang berisi pedoman hidup. Jadi, semua umat muslim wajib membaca Al Quran agar mengetahui apa saja larangan dan perintah dalam agamanya. Selain itu membaca Al Quran juga memiliki keutamaan tersendiri. Lantas apa saja keutamaan membaca Al Quran bagi umat muslim? 

 

Setiap Huruf Bernilai 1 Kebaikan

Berdasarkan sebuah hadits yang diriwayatkan oleh At Tirmidzi yakni siapa saja yang membaca Al Quran maka akan mendapatkan satu kebaikan per satu hurufnya. Lalu kebaikan tersebut akan dilipatgandakan. Jadi bayangkan saja kita membaca satu ayat yang mana terdiri dari banyak huruf tentu perolehan kebaikannya pun banyak dan berlipat ganda. 

Artikel Lainnya: Mengenal Lebih Dalam Jasa Guru Ngaji Online di Indonesia

Balasan Berlipat Ganda

Bentuk dari ibadah dalam Islam sangat banyak, termasuk membaca Al Quran. Seperti yang dijelaskan bahwa membaca Al Quran dapat mendatangkan balasan pahala kebaikan berlipat ganda. Umat muslim yang tidak meminta kepada Allah, tapi rajin membaca Al Quran maka segala keinginannya akan Allah kabulkan. Apalagi Allah Maha Mengetahui apapun yang dibutuhkan oleh hamba-Nya. Hal ini telah dijelaskan dalam hadits riwayat Al Baihaqi yang mana Allah telah mengatakan bahwa akan mengabulkan permintaan dari hamba yang rajin membaca Al Quran. 

Gugur Dosa

Manusia adalah tempatnya salah sehingga tidak ada satupun manusia di muka bumi ini selain Rasulullah yang tidak berdosa. Oleh karena itu Allah berikan keutamaan membaca Al Quran sebagai media yang mampu menghapus dosa manusia apabila membacanya. Hal ini juga didukung oleh malaikat baik yang mendampingi kita saat rajin membaca Al Quran.

Para malaikat akan berdosa dan memohonkan ampun kepada Allah atas dosa yang kita lakukan. Penjelasan ini juga terdapat dalam sebuah hadits riwayat Ad Dailami yang menyebutkan bahwa apabila seorang hamba khatam membaca Al Quran maka 60 ribu malaikat akan mewakilinya untuk memohon ampun kepada Allah. 

Syafaat di Hari Kiamat

Kita sama-sama tahu bahwa Al Quran akan menjadi syafaat di hari kiamat. Hal ini telah dijelaskan dalam hadits yang diriwayatkan oleh Ahmad. Rasulullah memerintahkan kita hambanya agar membaca Al Quran karena di hari kiamat kelak kitab suci tersebut akan menjadi syafaat. 

Al Quran akan bersaksi di hadapan Allah ketika kita diadili kelak. Apabila kita sering membaca bahkan mengamalkannya, Al Quran akan mengatakan yang sebenarnya. Alhasil hukuman kita akan diringankan atau bahkan kita akan terbebas dari siksaan pedih. 

Diselimuti Kebaikan dan Malaikat

Setiap ibadah yang dilakukan pasti akan mendatangkan kebaikan bagi diri kita sendiri, begitupun dengan membaca Al Quran. Allah telah berjanji akan menghitung kebaikan walaupun sebesar biji zarah, hal ini juga berlaku untuk kejahatan. Jadi amat sangat beruntung bagi kita apabila membaca Al Quran setiap waktu yang mana pahalanya berlipat ganda.

Selain itu malaikat juga akan senantiasa menjaga kita dari segala perbuatan yang keji. Apabila kita merasa belum mampu membaca Al Quran dengan baik, masih terbata-bata juga tidak mengapa karena Allah Maha Adil. Pahala yang Allah janjikan juga akan tetap dikucurkan kepada kita apalagi dengan niat bersungguh-sungguh. 

Derajat Tinggi

Menurut hadits yang diriwayatkan oleh Muslim, Allah akan mengangkat derajat hamba-Nya melalui Al Quran dan merendahkan hamba-Nya pun melalui Al Quran. Maknanya, semakin banyak kita melakukan ibadah maka derajat kita di hadapan Allah akan lebih tinggi, begitupun sebaliknya. Karena Allah tidak meninggi-rendahkan derajat hamba-Nya dari harta maupun rupa. 

 

Itulah sebagian dari sekian banyaknya keutamaan membaca Al Quran. Semoga kita senantiasa dalam lindungan Allah. 

Sumber Referensi : https://cendekiaprivat.com