Ketahui Beberapa Jenis Layar yang Digunakan di Smartphone

2 min read

Pada saat ini tentu saja hampir semua orang sudah mempunyai smartphone, baik itu yang berusia muda sampai dengan yang berusia tua. Seringkali pada saat kamu membeli sebuah smartphone hal yang sering disoroti adalah chipset, baterai, memori, dan juga kamera.

Kadangkala layar yang ada pada sebuah smartphone menjadi sebuah keutamaan yang dinomor duakan. Padahal layar juga menjadi salah satu faktor yang sangat penting untuk dijadikan sebagai pertimbangan kamu sebelum membeli sebuah smartphone.

Apa alasan yang menjadikan layar smartphone menjadi faktor yang sangat penting? Hal tersebut karena, smartphone tidak hanya sekedar sebuah alat untuk komunikasi saja, tetapi juga untuk kebutuhan multimedia.

Tentu saja kamu tidak mau kan membeli smartphone dengan layar yang jelek? Apalagi jika jenis layar yang digunakan oleh smartphone ini ada beberapa jenis.

Oleh karena itu, sebaiknya jika kamu akan membeli sebuah smartphone kamu harus memperhatikan aspek layar juga. Oke berikut ini merupakan beberapa jenis layar yang biasanya digunakan di dalam smartphone.

1. LCD

Berbicara tentang layar yang ada di dalam smartphone, tentu saja kita akan membicarakan tentang layar yang bernama LCD. Perlu kamu ketahui bahwa LCD adalah singkatan dari Liquid Crystal Display, yang merupakan jenis layar dasar yang pada saat ini banyak digunakan di beberapa jenis smartphone.

Ya, sesuai dengan namanya, LCD adalah sebuah layar yang terdiri daripada kristal cair yang disinari dari bagian belakangnya. LCD memang menjadi pilihan bagi para produsen smartphone, karena bahan yang digunakan untuk memproduksi layar jenis ini tidak mahal.

Oleh karena itu, banyak produsen smartphone yang menghadirkan smartphone dengan layar LCD. Kelebihan utama yang dimiliki oleh layar smartphone ini adalah layarnya yang mempunyai backlight.

Dengan backlight tersebut tentu saja akan menghasilkan tampilan layar yang jelas ketika layar terkena sinar matahari. Akan tetapi, akurasi warna dari layar jenis ini kurang begitu baik jika dibandingkan dengan jenis layar lainnya.

2. TN TFT LCD

Perlu kamu ketahui bahwa layar LCD ini dikembangkan menjadi TFT LCD yang merupakan layar LCD yang menggunakan teknologi TFT. Kemudian jenis layar TFT LCD ini dikembangkan lagi, sehingga menjadi TN TFT LCD.

Layar TN TFT lCD ini sangat populer di berbagai macam produk yang menggunakan layar LCD, misalnya seperti televisi.

Hal ini karena dengan menggunakan layar jenis ini akan membuat produk tersebut mempunyai biaya produksi yang lebih terjangkau dan dapat memungkinkan desain yang lebih tipis jika dibandingkan dengan teknologi layar sebelumnya.

Di dalam industri smartphone, ada banyak sekali produk smartphone yang menggunakan layar jenis ini. Layar in dapat menampilkan kualitas gambar dengan gambar yang mempunyai kontras yang baik.

Oleh karena itu layar ini bisa dengan mudah dilihat di bawah sinar matahari. Selain itu, layar ini juga mempunyai ketajaman warna dan juga resolusi yang lebih baik jika dibandingkan dengan teknologi layar sebelumnya.

Jika kamu ingin mendapatkan informasi lebih banyak tentang jenis jenis layar yang digunakan untuk smartphone, kamu bisa berkunjung ke situs teknologi terbaik saat ini, yaitu caritekno. Ya memang pada saat ini cari tekno adalah salah satu situs teknologi terpercaya dan terlengkap.

3. IPS LCD

Selain TN TFT, layar LCD juga mempunyai jenis layar turunan baru dari perkembangan layar LCD sebelumnya yaitu IPS LCD yang banyak digunakan pada smartphone keluaran terbaru. Teknologi layar IPS LCD ini banyak digunakan di produk smartphone kelas menengah, karena mempunyai harga yang lebih terjangkau.

Layar ini sebenarnya hadir karena keterbatasan layar TN TFT LCD. Oleh karena itu, smartphone yang menggunakan jenis layar ini tidak akan mengalami masalah tampilan yang buram. Selain itu, jenis layar ini juga terkenal mempunyai sudut pandang yang baik.

Hal ini tentu saja pada saat mata kita melihat layar yang menggunakan teknologi IPS LCD dari samping, tampilan layarnya tetapi terlihat dengan sangat jelas.