Kenali Penyebab Pneumonia dan Pencegahannya

1 min read

pencegahan penyakit pneumonia

Penyakit Pneumonia adalah infeksi pada paru paru yang menyebabkan munculnya cairan dalam alveoli yang adalah kantung udara kecil di dalam paru paru. Kerap diterjemahkan secara awam sebagai paru paru basah, penyakit ini bisa mematikan bila diabaikan. Berikut adalah informasi seputar penyebab pneumonia menurut sumber deherba.com.

Memahami bagaimana penyebab pneumonia akan membantu kita memahami cara terbaik mencegah penyakit ini muncul. Berikut adalah 3 penyebab utama dari pneumonia.

Pneumonia yang disebabkan oleh bakteri

Penyakit pneumonia yang disebabkan oleh bakteri secara medis disebut pneumococcal pneumonia. Pada umumnya penyakit ini berkaitan dengan batuk dan pilek yang tidak kunjung sembuh. Karena batuk dan pilek, sistem pernafasan menjadi rentan dan mudah terserang infeksi bakteri.

Adapun jenis bakteri yang lazim menyebabkan penyakit pneumonia adalah Streptococcus pneumoniae, Mycoplasma pneumoniae, Chlamydophila pneumoniae dan Legionella pneumophila.

Pneumonia karena virus

Flu berkepanjangan juga bisa menyebabkan penyakit pneumonia. Virus influenza dapat masuk lebih dalam dan menyerang organ paru paru. Selain virus Influenza, juga terdapat virus Respiratory syncytial virus (RSV) yang mungkin menyerang paru paru. Biasanya jenis virus ini yang paling sering menyebabkan paru paru basah pada anak anak.

Virus ini menyerang anak anak dengan kerentanan khusus seperti kerap terpapar udara dingin malam, kerap terkena polusi udara seperti rokok dan polusi kendaraan. Iritasi dalam rongga pernafasan akibat efek polutan ini bisa menjadi titik awal infeksi terbentuk.

Pneumonia karena fungal

Tidak banyak terjadi, tetapi penyebab penyakit pneumonia juga bisa muncul dari kelompok fungal atau jamur. Jenis ini biasanya terjadi akibat pasien tinggal di area dengan udara lembab, dingin dan kotor.

Jamur yang bisa menjadi penyebab pneumonia antara lain adalah. Coccidioidomycosis, Histoplasmosis dan Cryptococcus. Anda juga patut waspada terhadap jenis pneumonia langka yang disebabkan oleh fungal langka, Pneumocystis jirovecii. Penyakit dengan nama klinis Pneumocystis pneumoniais bisa menjadi sangat mematikan.

pencegahan penyakit pneumonia

Bagaimana Cara Efektif Mencegah Penyakit Pneumonia?

Penyebab penyakit pneumonia sebenarnya sangat berkaitan dengan kebiasaan dalam keseharian. Semakin sehat dan bersih gaya hidup Anda, semakin rendah resiko Anda untuk terserang infeksi paru paru ini. Untuk itu ada sejumlah cara yang bisa Anda terapkan untuk membantu mencegah penyait pneumonia muncul.

Untuk mencegah penyakit pneumonia ada beberapa langkah yang bisa Anda lakukan.

Jaga kesehatan dan kualitas udara

Sebagian kasus penyakit pneumonia dapat dikaitkan dengan kualitas udara dalam ruang tinggal. Selalu pastikan sirkulasi udara dalam ruang tinggal tetap berjalan baik, hindari ruangan yang tertutup dan pengap. Tidak terlalu lembab dan basah, tidak pula terlalu kering. Minimalkan paparan unsur polutan untuk menurunkan resiko iritasi pada saluran pernafasan.

Konsumsi makanan yang sehat

Mereka yang menjaga asupan makanan untuk tetap sehat, seimbang dan kaya akan vitamin mineral akan memiliki daya tahan yang lebih baik. Ini sangat membantu menurunkan level resiko infeksi pada tubuh, termasuk infeksi pernafasan seperti penyakit pneumonia.

Jangan sepelekan flu, batuk dan pilek

Flu, batuk dan pilek adalah keluhan pernafasan ringan yang acapkali diabaikan. Flu sendiri disebabkan oleh virus, sedang batuk pilek bisa disebabkan oleh efek virus, bakteri hingga masalah alergi. Meski biasanya tidak serius dan mengganggu sebaiknya ini jangan disepelekan.

Gangguan pernafasan yang tidak segera diatasi dapat menyebar hingga menginfeksi ke organ dalam dari saluran pernafasan. Dan ini yang kemudian berkembang menjadi penyebab pneumonia.

Bila Anda atau keluarga Anda tengah mengalami batuk, pilek atau flu sebaiknya pastikan untuk menjaga diri untuk tidak menulari orang lain di sekitar Anda. Perbanyak istirahat untuk mempercepat penyembuhan. Karena penularan dari penyakit pernafasan cukup cepat, dan ini bisa menjadi cikal bakal penyebab pneumonia mewabah di sekitar Anda.