Cara Menggunakan Internet yang Aman dan Nyaman

1 min read

Saat ini, sangat mudah untuk mengakses informasi di dunia digital. Seseorang hanya perlu menggunakan ponsel mereka untuk mengetahui informasi apa yang tersedia. Tentunya kemudahan yang ada juga disertai dengan peningkatan kejahatan yang bisa terjadi.

Apalagi saat ini akses digital terbuka lebar dengan hadirnya media sosial dan juga fast internet providers. Setiap orang bebas mengunggah informasi tentang diri mereka sendiri, mulai dari informasi publik hingga informasi pribadi.

Berbagai tantangan dihadirkan dengan kedok kegiatan menyenangkan yang justru disalahgunakan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Misalnya, apa yang terjadi belum lama ini dengan tantangan Instagram 'Add Yours' di mana data pengguna disalahgunakan oleh aktor jahat atas tindakan penipuan mereka.

Oleh karena itu, Anda harus berhati-hati dan mulai menerapkan tips ini agar Anda lebih aman saat menggunakan internet.

1. Mengganti Password Secara Berkala 

Jika Anda menggunakan kata sandi yang sama dalam jangka waktu yang lama, kata sandi tersebut rentan terhadap peretasan. Terutama jika kata sandi Anda memiliki tingkat kompleksitas yang rendah, peretas dapat dengan mudah mengakses akun Anda. Ini dapat dikurangi dengan mengubah kata sandi secara teratur.

Jika Anda rajin mengubah kata sandi, maka mereka yang menargetkan akun Anda akan kesulitan untuk memanipulasinya. Seperti yang Anda ketahui, saat ini mudah bagi orang yang tidak bermoral untuk memanipulasi kata sandi.

2. Menggunakan Antivirus yang Terdaftar Resmi 

Seperti kebanyakan hardware, software juga membutuhkan perlindungan berupa antivirus. Antivirus berguna untuk melindungi dari virus yang mungkin menyerang saat Anda menjelajahi internet. Situs yang Anda kunjungi dapat mentransfer virus yang dapat membahayakan komputer Anda.

Terkadang beberapa orang jahat sengaja menaruh virus di website agar pengunjung yang masuk terdampak olehnya. Bahaya virus ini dapat membuat data Anda rusak atau bahkan hilang

3. Tidak disarankan Membagikan Data Pribadi

Informasi pribadi hanya boleh diketahui oleh orang yang terkait dengannya, jadi jangan pernah membagikannya di internet. Internet bukanlah tempat yang aman karena ada banyak celah dalam hal akses dari mana saja.

Hindari berbagi informasi seperti tempat lahir dan tanggal, nomor telepon, alamat, dan bahkan identitas kerabat dekat. Informasi semacam ini rentan terhadap pencurian yang dapat menyebabkan penyalahgunaan data.

4. Memiliki Backup Data

Saat ini, jika Anda tidak memiliki cadangan untuk data Anda, itu bisa jadi menyulitkan Anda. Misalnya, jika data rusak atau lebih buruk lagi hilang, maka dampaknya juga fatal bagi kinerja dan waktu yang telah Anda habiskan.

Anda perlu melakukan pencadangan data Anda secara teratur untuk memfasilitasi pemulihan dan penggantian. Manfaat mencadangkan data ini dapat membuat Anda merasa aman dari peretas yang tidak bertanggung jawab yang mungkin ingin menghapusnya.

5. Hati-hati dalam Menghubungkan Koneksi WiFi

WiFi publik dapat menjadi cara bagi seseorang untuk meretas data pribadi Anda, jadi berhati-hatilah saat menghubungkan ponsel Anda dengan WiFi yang tampaknya mencurigakan. Misalnya, WiFi tanpa kata sandi atau langkah-langkah keamanan lainnya mungkin diatur oleh peretas untuk mencuri informasi pribadi Anda. Jadi jangan terlalu bersemangat ketika Anda diberi akses gratis ke WiFi. Lebih baik menggunakan koneksi Anda sendiri atau membayar layanan WiFi demi menjaga keamanan data pribadi Anda.