Cara Memotong Kuku Kucing dengan Mudah

1 min read

Memelihara kucing bukan hanya mengajaknya bermain saja, tapi banyak juga yang harus dilakukan. Misalnya melakukan proses pemotongan kuku kucing. Kucing menggunakan kukunya untuk mencakar, karena selain taring kucing juga menggunakan cakarnya untuk melawan musuh.

Itulah sebabnya kuku kucing harus tajam dan juga lancip. Cara memotong kuku kucing ini harus dilakukan dengan sangat hati-hati. Apalagi bila kucingnya masih kitten, maka akan sangat sulit diatur. Anda juga bisa memanggil nama kucing tersebut. supaya mau dipotong kukunya,

Kebersihan serta ukuran kuku kucing harus menjadi yang utama, karena jika kukunya terlalu panjang maka segala benda yang ada di rumah bisa rusak karena dijadikan sarana untuk mengasah ketajaman kukunya. Bagian kuku kucing yang dipotong hanya bagian ujungnya saja, jadi kamu tidak perlu memotong seluruh bagian kuku tersebut.

Cara Memotong Kuku Kucing

Memotong kuku kucing juga bisa dilakukan di pet shop. Walaupun sebenarnya pemotongan kuku ini bisa kamu lakukan sendiri di rumah. Bagi kamu yang ingin memotong kuku kucing peliharaan di rumah, sebaiknya lakukan cara berikut ini :

  1. Menekan Bagian Telapak Kaki Kucing
    Pertama-tama, tekan dahulu bagian telapak kakinya atau bisa juga menekan jarinya. Kemudian gunakan ibu jari dan juga jari telunjuk untuk menekan bagian bawah jari si kucing. Hal ini dilakukan agar mengeluarkan kuku kucing tadi bisa dilakukan dengan mudah.
     
  2. Perhatikan Posisi Saat Menggunting Kuku
    Posisi kamu saat menggunting kuku pada kucing peliharaan adalah dari bagian atas/vertikal dan bukan dari samping. Kuku bisa menjadi pecah jika pemotongan dilakukan dari samping. Hal yang harus diutamakan dalam memotong kuku kucing adalah bagaimana posisi dalam memegang pemotong kuku.
     
  3. Memotong Bagian Kuku dengan Benar
    Ketika kita memotong kuku dan terlalu dalam tentu kita akan merasa sakit, sama halnya dengan memotong kuku kucing. Jika bagian yang dipotong terlalu dalam maka bisa menimbulkan rasa sakit. Oleh sebab itu, potonglah bagian ujungnya saja yang bentuknya runcing dan tipis.

    Jangan memotong pada bagian batas daging atau bagian yang berwarna merahnya. Kamu juga tidak boleh memotong bagian kuku jempolnya.
     

  4. Potong Kuku Satu per Satu
    Cara memotong kuku yang benar selanjutnya adalah memotong kuku satu per satu, sehingga hasilnya akan lebih rapi dan cepat.
     
  5. Potong Kuku dengan Hati-hati
    Beberapa kucing akan keberatan jika bagian kukunya dipotong, untuk itu kamu harus memotongnya dengan hati-hati. Jangan sampai ia merasa kesakitan saat kukunya dipotong.

Tips Mudah Memotong Kuku

Seperti misalnya tips dalam merawat kuku kucing. Perhatikan beberapa hal berikut ini jika kamu ingin memotong kukunya, berikut penjelasannya :

  1. Waktu dalam Memotong Kuku Kucing
    Waktu yang tepat untuk memotong kuku kucing adalah dua minggu satu kali, karena dalam waktu dua minggu biasanya kuku tersebut sudah mulai meruncing. Jika kucing kamu sering mencakar berbagai benda di rumah, sebaiknya beri dia sarana yang khusus untuk ia mencakarkan kukunya. Misalnya berikan ia papan.
  2. Latih Pemotongan Kuku ini Sejak ia Kecil
    Memelihara kucing sebaiknya sejak kucing tersebut masih kecil atau kitten. Jika kamu memelihara kucing tersebut sejak kecil, kamu bisa membiasakan atau melatih pemotongan kuku ini agar ia terbiasa. Setelah kucing tersebut besar, ia tidak akan ketakutan atau terganggu lagi jika kukunya dipotong.

Kesimpulan

Proses pemotongan kuku pada kucing ini memang agak sulit bagi kucing yang tidak terbiasa, tetapi Anda tetap harus membiasakan pemotongan kuku ini agar kebersihan kukunya tetap terjaga dengan baik.