Cara Membuat Sertifikasi IT Anda Lebih Berharga

1 min read

Dunia IT berkembang sangat pesat, Anda dapat menyadarinya dengan melihat ada ratusan lowongan kerja IT yang muncul baik di internet ataupun di koran-koran. Oleh sebab itu sebagai seorang profesional IT Anda harus waspada dan selalu mengupdate keahlian Anda. Salah satu cara untuk mengupdate keahlian adalah dengan mengambil kursus dan sertifikasi dalam bidang IT. Tapi bagaimana caranya untuk membuat sertifikasi IT Anda bisa lebih berharga?

Berikut ini adalah beberapa cara agar sertifikasi IT Anda lebih berharga dan Anda dapat menawarkan berbagai layanan IT secara efisien.

1. Tawarkan layanan dukungan teknis secara online atau melalui telepon alih-alih datang ke kantor. Pertimbangkan untuk membuat blog dan menyediakan layanan dukungan IT di sana. Ini akan memungkinkan Anda untuk menjangkau audiens yang lebih luas dari pelanggan potensial dengan biaya rendah. Tawarkan lokakarya tentang teknologi atau tren terbaru di bidang keahlian Anda secara online, terutama yang disesuaikan untuk usaha kecil yang tidak memiliki staf teknis sendiri.

2. Bekerja dari jarak jauh dari rumah, yang berarti bekerja lebih efektif setiap hari dan menghabiskan lebih sedikit waktu untuk bepergian.

3. Ambil tugas konsultasi dan kelola dari jarak jauh. Ini akan memungkinkan Anda untuk bekerja dengan banyak perusahaan tanpa harus pindah atau dibatasi oleh jam kerja perusahaan. Kontrak konsultasi bahkan mungkin termasuk tunjangan untuk biaya perjalanan Anda.

4. Gunakan sertifikasi Anda untuk beralih ke posisi manajemen, konsultasi, atau kewirausahaan di bidang lain seperti periklanan, keuangan, pemasaran. Sertifikasi IT bisa sangat berharga dalam profesi bisnis lainnya.

5. Gunakan sertifikasi IT Anda untuk beralih ke karir mengajar di tingkat sekolah menengah atau perguruan tinggi di mana Anda dapat menularkan keterampilan dan pengetahuan Anda kepada orang lain. Banyak perguruan tinggi dan universitas memiliki program sertifikat yang dapat diperoleh saat bekerja penuh waktu. Sertifikasi IT juga dapat dialihkan ke bidang lain seperti penulisan teknis, penulisan hibah, manajemen proyek, dan dokumentasi IT.

6. Mulai perusahaan Anda sendiri, banyak startup mencari individu dengan keahlian IT yang mumpuni. Sertifikasi IT dapat membantu Anda memulai dan membuktikan bahwa Anda juga kompeten di bidang administrasi bisnis.

7. Memiliki beberapa sertifikasi IT yang akan membuat Anda lebih mudah dipekerjakan. Pertimbangkan untuk mendapatkan sertifikasi khusus industri dari CompTIA, Microsoft, atau vendor kredibel lainnya. Ini juga merupakan ide yang baik untuk mendapatkan sertifikasi vendor-netral seperti A+ (CompTIA) dan Network + (Microsoft). Kredensial ini akan memungkinkan Anda bertransisi dengan mudah untuk bekerja dengan banyak vendor dan teknologi.

8. Perluas keahlian Anda untuk bekerja dengan teknologi dan sistem baru yaitu dengan mengambil sertifikasi baru. Meskipun Anda mungkin berpikir bahwa tidak mungkin sertifikasi lama dapat diperbarui dengan mudah, banyak vendor memperkenalkan ujian sertifikasi ulang seperti dari CompTIA dan Microsoft, untuk tetap mengikuti tren IT.