Cara Membuat Sapu Ijuk dari Sabut Kelapa dengan Mudah serta Kerajinan Lainnya

1 min read

Sapu ijuk atau terkadang juga disebut dengan sebutan sapu injuk, merupakan sapu yang paling sering ditemukan di rumah-rumah, dengan harga yang terjangkau. Menjadi alat kebersihan yang terbuat dari sabut kelapa yang dijalin menjadi satu, sehingga membuat sapu ini tak bisa dicuci. Sapu ijuk ini mempunyai lembaran yang lebih tebal tapi tetap lentur. Sapu ijuk ini sangat pas untuk membersihkan lantai rumah yang memiliki permukaan rata.

Cara Membuat Sapu Ijuk dari Sabut Kelapa

Bahan-bahan

  • Sabut kelapa yang sudah di ambil dengan mesin sabut kelapa
  • Sebilah bambu atau carang panjang 1 m
  • Tali / tambang dari sabut kelapa
  • Lebar kurang lebih 2 – 3 mm sepanjang 6 m
  • Sebilah bambu kecil lebar  3 – 4 mm panjang 20 cm

Alat

  • Kayu pemukul dan batu landasan
  • Sikat dari kawat
  • Pisau / parang dan jarum karung

Cara Membuat

  1. Untuk sabut (tepes) dipukul pukul supaya daging sabut lepas.
  2. Lalu sabut yang sudah dipukul-pukul disikat supaya serabut yang pendek lepas
  3. Untuk serat yang pendek dibuat tali menggunakan mesin pemintal sabut kelapa
  4. Kemudian serat yang panjang diikat bersama tali sabut bagian ujungnya dengan lebar kira-kira segenggaman jari telunjuk
  5. Dalam tiap satu buah sapu terdiri dari empat akar sabut yang telah terpisah dan satu ikat sabut yang langsung diikatkan ke ujung tangkai sapu
  6. Lalu tusukan sebilah bambu kecil ke ikatan sabut di ujung tangkai yang berguna sebagai bahu (pundak)
  7. Setelah itu tusukan keempat ikatan sabut tersebut di bahu kiri dan kanan tangkai masing-masing sekitar dua ikat
  8. Terakhir ikatlah ujung sabut pada bagian atas bahu tangkai
  9. Selesai. Sapu siap untuk digunakan

 

Berbagai Kerajinan Lain dari Sabut Kelapa

1. Tali Rami dari Sabut Kelapa

Kerajinan dari sabut kelapa yang pertama yakni tali rami. Kerajinan dari sabut kelapa yang satu ini termasuk salah satu kerajinan yang paling sering dicari, karena saat ini sedang tren.

Tren kerajinan vintage, memang mempunyai keindahan tersendiri, sebab dapat memberikan kesan yang natural. Sehingga, banyak dari sebagian orang yang membuat kerajinan vintage ini untuk dijual maupaun untuk digunakan sendiri.

2. Keset Sabut Kelapa

Selanjutnya kerajinan keset sabut kelapa, yang sedang banyak dicari juga. Bahkan, sampai banyak para pembeli keset sabut kelapa yang berasal dari daerah Jakarta. Tak hanya itu ternyata, keset sabut kelapa disebut dapat mencegah ular masuk ke dalam rumah, sebab ular dipercaya takut dengan sabut kelapa. Sampai sekarang ini, banyak pengrajin keset sabut kelapa, bisa menghasilkan omset yang tinggi.

Kerajinan keset sabut kelapa juga mempunyai model serta ukuran yang beragam. Dan juga, semakin besar keset, maka cara membuatnya akan lebih susah dan pastinya lebih mahal. Supaya memberikan kesan estetik, banyak hotel dan restoran juga yang memakai keset sabut kelapa, daripada keset dari karet. Keset yang terbuat dari sabut kelapa juga dinilai dapat lebih awet serta tahan lama.

3. Pot Tanaman dari Sabut Kelapa

Terakhir pot tanaman dari sabut kelapa. Jika Anda gemar bertanam, dan menyukai tanaman, mungkin Anda perlu menggunakan benda yang satu ini. Selain digunakan sebagai pot, sabut kelapa juga dapat dijadikan menjadi media tanam, jadi Anda tak perlu memberi tanah lagi, atau dapat menggunakan cocofiber. 

Sekian artikel yang bisa saya sampaikan. Semoga bisa bermanfaat untuk Anda yang membaca.