Cara Membuat Isi Company profile yang Baik

1 min read

Dalam pembuatan company profile, isi company profile harus menarik, tepat dan sesuai dengan deskripsi perusahaan. Hal ini dikarenakan company profile kurang lebih memperkenalkan perusahaan dan produk atau layanan yang ditawarkan. Dengan begitu, pemodal dan pembeli akan mengetahui lebih jauh tentang perusahaan. Jika Anda sedang berusaha membuatnya, Anda dapat membaca artikel di bawah ini.

Isi Company profile dan Pengertiannya

Company profile atau profil perusahaan adalah sebuah seperangkat informasi dasar bisnis yang menjelaskan tentang deskripsi tentang perusahaan. Isi di dalamnya adalah informasi dasar perusahaan yang memuat diantaranya nama, alamat lengkap perusahaan. Ada juga produk/layanan dan pencapaian perusahaan yang perlu dijelaskan dalam company profile. Produk/layanan harus dijabarkan dengan rinci.

Langkah Membuat Company profile yang Baik

  • Lakukan riset

Sebuah riset dapat membantu Anda mengetahui company profile secara utuh. Langkah ini juga yang membantu Anda dalam menyusun isi profil perusahaan. Mulai dari bagian informasi dasar atau identitas bisnis sampai dengan sejarah dan portofolio perusahaan. Anda harus benar-benar paham dengan apa yang tertuang di dalamnya.

  • Mengumpulkan data

Data perusahaan perlu dikumpulkan untuk mempermudah pembuatan profil bisnis. Dengan begitu, Anda tidak perlu susah payah lagi dalam merangkai company profile. Kumpulkan data tentang perusahaan dan sejarah perusahaan terlebih dahulu, Baru setelah itu, tuliskan produk, keunggulan, serta portofolio perusahaan.

  • Susun dengan Baik

Sebuah perusahaan yang bagus tidak ada apa-apanya jika company profile yang disusun dilakukan dengan asal-asalan. Anda harus memperhatikan detail penyusunan. Dari penyusunan kalimat hingga desain company, hal tersebut harus dilakukan agar pemodal atau customer menjadi lebih percaya dengan apa yang Anda tawarkan.

Merancang sebuah profil perusahaan yang baik tidak hanya berdampak pada bisnis Anda secara langsung, namun juga citra bisnis. Ini akan mempengaruhi pandangan perusahaan di mata masyarakat. Dengan profil bisnis tersebut, branding bisnis yang Anda miliki akan ke arah tertentu sesuai dengan yang Anda harapkan. Sehingga, penyusunan isi company profile dapat dikatakan sangat penting bagi perusahaan.