Cara CoD di Tokopedia

1 min read

Sistem pembayaran yang tersedia di sebuah marketplace memang cukup beragam sehingga pengguna bisa memilihnya sesuai dengan kondisi. Misalnya transfer uang lewat rekening bank, e-wallet hingga cash on delivery. Lantas bagaimana cara COD di Tokopedia sebagai e-commerce terkenal?

Dalam menggunakan sistem pembayaran COD seperti ini tentu saja diharuskan untuk memenuhi syarat dan ketentuan terlebih dahulu baik bagi penjual dan pembeli. Misalnya pemilik toko diharuskan mengaktifkan layanan SiCepat terlebih dahulu dan layanan bayar pada tampilan dashboard.

Barang yang dijual memiliki harga maks 2,5 juta, bukan berupa makanan dan minuman dan tidak sedang ikut pada program Flash Sale Toped. Layanan request pick up ke rumah produksi tidak terkena biaya. Sebelum di packing, jangan lupa untuk menyertakan label harga pada pesanan.

Sementara bagi pembeli yakni mereka harus mengaktifkan fitur COD di tampilan dashboard toko. Selain itu pengguna bisa mendapatkan kesempatan memakai layanan tersebut sebanyak 6x saja. Maksimal pembelian adalah 2,5 juta termasuk promo dan wajib membayarnya di kurir jika sudah ada.

Cara Mengaktifkan Pembayaran COD di Tokopedia

Ada banyak keuntungan yang bisa Anda peroleh pada saat mengaktifkan fitur COD ini di Tokopedia. Sistem pembayaran dapat dilakukan di tempat setelah produk pesanan telah diterima sehingga sebagai pengguna masih berkesempatan untuk melakukan pengecekan terlebih dahulu. Berikut caranya:

  1. Masuklah ke laman Seller Center Tokopedia
  2. Klik pada menu Pengaturan Toko
  3. Klik pada menu Pengiriman
  4. Pilih ekspedisi kurir sesuai kebutuhan
  5. Klik menu Bayar di Tempat
  6. Kembalilah ke pengaturan toko
  7. Klik pada menu Layanan
  8. Klik pada tombol Aktifkan Layanan
  9. Fitur COD berhasil diaktifkan

Cara Membeli dan Membayar dengan COD

Ulasan di bawah ini penting dipahami oleh para pembeli yang ingin  membayar dengan sistem COD. Tentu saja hal ini perlu dicoba karena suatu saat akan memerlukannya. Misalnya ketika seseorang hanya memiliki uang cash sehingga kesulitan untuk melakukan pembayaran melalui e-wallet.

  1. Bukalah Tokopedia di HP Anda
  2. Klik pada kolom pencarian
  3. Carilah produk yang ingin Anda beli
  4. PIlih pada barang yang tertera tulisan Bayar di Tempat
  5. Klik pada menu Beli Sekarang
  6. Pilih juga jasa ekspedisi yang ingin Anda pilih
  7. Pilih durasi pengiriman yang diperlukan
  8. Tunggu hingga muncul laman konfirmasi
  9. Klik pada menu Bayar di Tempat
  10. Pesanan akan segera diproses

Itulah tadi beberapa cara COD di Tokopedia yang bisa Anda lakukan jika sedang ingin membayar di tempat saja. Selain itu jangan lupa untuk memperhatikan terlebih dahulu apa saja syarat dan ketentuannya.

Sumber: sukrensi.com