Cara Cek Penerima Stimulus Listrik PLN

1 min read

Listrik adalah kebutuhan yang harus dipenuhi oleh setiap rumah. Listrik saat ini menjadi kebutuhan pokok untuk beragam kebutuhan mulai dari mencuci, menyetrika, memasak dan lain sebagainya.

Sebagai kebutuhan pokok, listrik sangat diandalkan untuk berbagai kebutuhan. Kehilangan akses listrik akan sangat mengganggu di zaman modern yang segalanya ditopang oleh listrik. Namun sayangnya semenjak pandemi orang mulai merasakan masalah dalam membayar listrik.

Hal ini disebabkan oleh PHK massal yang terjadi akibat pandemi virus corona yang kasusnya tak kunjung turun.

Pemerintah menyadari akan hal ini dan memberikan inisiatif bantuan melalui stimulus PLN untuk memastikan bahwa warga masyarakat mendapatkan mengakses listrik untuk menjalani hidup yang normal.

PLN menganggarkan sebanyak 12,02 triliun rupiah untuk bantuan listrik PLN dan telah menyalurkan 6,75 triliun pada semester pertama. Rencananya pemberian stimulus listrik PLN akan terus diberikan hingga akhir tahun pada Desember 2021.

Untuk rumah tangga yang menggunakan daya 900 VA akan mendapatkan diskon sebanyak 25% dengan 720 jam nyala.

Bagi pelanggan PLN yang menggunakan pasca bayar maka nantinya akan mendapatkan potongan harga saat membayar tagihan sedangkan pada pelanggan prabayar akan mendapatkan diskon saat melakukan pembelian token.

Untuk mendapatkan diskon dan potongan harga ini tidak perlu melakukan klaim di website atau via WhatsApp namun semua pelanggan secara otomatis akan mendapatkannya. Namun bagi anda yang penasaran ingin mengecek apakah telah menerimanya atau belum bisa dengan mengunjungi situs resmi PLN dan juga website PLN.

 

Cara Cek Penerima Stimulus Listrik PLN

Cara pertama yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan aplikasi PLN Mobile. Aplikasi PLN Mobile bisa diunduh di Play Store bagi pengguna Android. Bagi anda yang menggunakan iOS maka dapat mengunduhnya di AppStore.

Setelah aplikasi terinstal di perangkat anda, selanjutnya buka aplikasi tersebut lalu klik bagian info stimulus. Kemudian masukan ID pelanggan PLN lalu klik kirim.

Selain menggunakan aplikasi, anda juga dapat menggunakan website resmi PLN yang dapat diakses melalui link: www.portal.pln.co.id