Cara Bisnis Ekspor dengan Keuntungan Menjanjikan

1 min read

Business Model Canvas, Model Perencanaan Bisnis Paling Ampuh untuk Mencapai  Goals Bisnis!

Salah satu peluang usaha yang cukup menjanjikan adalah bisnis ekspor. Terlebih, sekarang ini ada banyak produk di dalam negeri yang berpotensi untuk diekspor ke berbagai negara lainnya. Oleh sebab itu, usahakan untuk memahami dahulu cara bisnis ekspor.

 

Cara Bisnis Ekspor

Perlu Anda pahami, bahwa ekspor adalah salah satu kegiatan mengeluarkan barang dari dalam negeri ke luar negeri. Adapun tujuannya yakni untuk mendapatkan keuntungan lebih. Dikutip dari www.bisnisman.id, di bawah ini beberapa cara memulai usaha tersebut:

Business Model Canvas, Model Perencanaan Bisnis Paling Ampuh untuk Mencapai  Goals Bisnis!

Tetapkan Produk dan Negara Tujuan

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah dengan menetapkan produk ekspor. Selain itu, pastikan juga untuk memilih negara tujuannya. Hal ini termasuk langkah awal dalam memulai usaha tersebut. Dengan begitu, lebih mudah mendapatkan omset besar.

Untuk mencari informasi mengenai produk dan negara tujuan tersebut, Anda bisa mencarinya lewat internet, forum usaha, ataupun bertanya langsung kepada pengusaha ekspor yang sudah berpengalaman. Ketahui juga tren terbaru mengenai produk ekspor tersebut.

Daftarkan Website Anda

Setelah itu, langkah selanjutnya adalah dengan mendaftarkan blog maupun website Anda ke beberapa portal internasional. Kemudian, ubah bahasa Indonesia menjadi Bahasa Inggris. Hal ini tidak lain karena usaha ini akan bergerak di lingkup internasional.

Terlebih, sekarang ini ada banyak portal bisnis yang bisa Anda manfaatkan. Pastikan menggunakannya untuk mempromosikan website tersebut. Tidak ada salahnya juga untuk menemukan website lainnya kemudian cari forum bisnis internasional.

Lakukan Pemasaran

Apabila ingin menjalankan usaha ekspor, maka pemasaran adalah hal yang sangat penting untuk dilakukan. Tentu saja hal ini akan mudah untuk mengembangkan usaha tersebut. Jangan sampai bisnis ini terhenti karena tidak memiliki jaringan pemasaran.

Manfaatkan juga beberapa lembaga seperti ITPC, Kementerian Perdagangan, Dinas KUKM di bawah Kementerian KUK, dan masih banyak lagi lainnya. Hubungi beberapa lembaga tersebut agar bisa mendaftarkan perusahaan agar terlibat pada event pemasaran luar negeri nantinya.

 

Itu tadi penjelasan lengkap mengenai beberapa cara bisnis ekspor. Bisnis tersebut tentu sangat menjanjikan terlebih apabila Anda tinggal di daerah-daerah dekat dengan pelabuhan. Tentu saja bisa jadi peluang usaha yang cocok untuk ditekuni.