Cara Ampuh Meningkatkan Kemampuan Bahasa Inggris

2 min read

Dalam menguasai suatu bahasa, kita harus mampu memperhatikan 4 komponen, yaitu menulis, membaca, mendengarkan, dan berbicara. Keempat komponen itu dapat menunjukkan apakah seseorang sudah menguasai suatu bahasa atau belum. Begitu juga, dengan pengujian kemampuan bahasa Inggris yang dimana harus memperhatikan keempat komponen tersebut. 

Pada umumnya, beberapa orang memiliki anggapan yang berbeda terhadap tingkat kesulitan untuk memahami keempat komponen bahasa Inggris. Misalnya, ada yang beranggapan bahwa menulis bahasa Inggris lebih susah dibandingkan dengan berbicara, begitu juga sebaliknya. 

Oleh sebab itu, kemampuan untuk berbahasa Inggris setiap orang juga berbeda-beda, ada yang lebih pandai dalam berbicara dibandingkan menulis kalimat, ada yang pandai membaca dibandingkan menulis, dan sebagainya. Setiap kesulitan itu, sebenarnya bisa dikurangi, sehingga seseorang bisa lebih percaya diri dalam meningkatkan kemampuan untuk berbahasa Inggris. 

Untuk mengurangi tingkat kesulitan dalam menggunakan bahasa Inggris dan kemampuan berbahasa Inggris semakin meningkat, maka dibutuhkan niat yang sungguh-sungguh. Hal ini dikarenakan dengan niat yang sungguh-sungguh, seseorang tidak akan mudah putus asa dan terus semangat dalam memperdalam ilmu bahasa Inggris. 

Selain dengan niat yang sungguh-sungguh, kamu juga harus menemukan cara-cara ampuh dan mudah dalam memahami materi bahasa Inggris. Lalu, cara ampuh seperti apa agar kemampuan bahasa Inggris bisa meningkat? 

Cara Meningkatkan Kemampuan Bahasa Inggris

1. Ikut Kursus Bahasa Inggris

Saat ini, kursus bahasa Inggris sudah banyak sekali, bahkan sudah ada yang dalam bentuk online. Kursus bahasa Inggris ini merupakan salah satu cara agar kemampuan bahasa Inggris kamu dapat bertambah. Apalagi, kamu akan diajarkan oleh orang-orang yang sudah ahli, sehingga bahasa Inggris menjadi lebih mudah dipahami. 

2. Menonton Film Luar Negeri

Film luar negeri umumnya menggunakan bahasa Inggris, sehingga ketika kamu menontonnya, maka kosakata kamu akan bertambah. Selain itu, kamu juga akan lebih baik dalam mendengar setiap dialog bahasa Inggris. Maka dari itu, mulai saat ini, kurangi penggunaan subtitle ketika menonton film. 

3. Mendengarkan Musik Berbahasa Inggris

Mendengarkan musik pastinya akan menghibur diri kita terutama ketika sedih. Ternyata, mendengarkan musik berbahasa Inggris bisa membuat kita lebih mudah untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris. Sama halnya dengan menonton film, pendengaran kita pada percakapan bahasa Inggris akan lebih lancar. 

4. Menulis Cerita dalam Bahasa Inggris

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya kalau dalam meningkatkan kemampuan berbahasa dibutuhkan 4 komponen, salah satunya menulis. Untuk meningkatkan kemampuan menulis bahasa Inggris, maka bisa dilakukan dengan cara melatih diri untuk membuat cerita dengan menggunakan bahasa Inggris.

5. Membaca Buku-Buku Bahasa Inggris

Buku-buku bahasa Inggris, saat ini sudah sangat banyak, sehingga kamu lebih mudah untuk mendapatkannya. Dengan membaca buku bahasa Inggris, maka kemampuan membaca bahasa Inggris semakin bertambah juga. 

6. Berbicara dengan Bahasa Inggris

Sama halnya dengan penggunaan bahasa pada umumnya, semakin sering digunakan, maka akan semakin lancar. Oleh karena itu, kamu perlu menerapkan dalam beberapa kegiatan untuk menggunakan bahasa Inggris. Misalnya saja dalam mengungkapkan suatu hal atau keinginan dengan menggunakan bahasa Inggris. Keinginan yang diungkapkan itu, dalam bahasa Inggris dikenal dengan istilah expressing intention.

7. Menggunakan Bahasa Inggris Pada Gawai (gadget)

Hampir setiap orang menggunakan gawai atau gadget saat ini, apalagi untuk berkomunikasi dengan teman, saudara, dan keluarga yang jaraknya cukup jauh. Bahasa pada gawai ini bisa diatur dalam bentuk bahasa Inggris. Dengan mengubah pengaturan bahasa tersebut, maka kosakata bahasa Inggris bisa menjadi bertambah.

 

Jadi, apakah kamu sudah pernah melakukan beberapa cara meningkatkan kemampuan bahasa Inggris di atas? 

Itulah beberapa cara agar kemampuan bahasa Inggris kamu dapat meningkat menjadi lebih baik lagi. Belajar bahasa Inggris di zaman modern ini bisa dibilang sudah sebagai suatu kewajiban karena kita sudah mudah berinteraksi dengan orang-orang luar negeri. Bahkan, tak sedikit juga kalau perusahaan mengharuskan karyawannya untuk menguasai bahasa Inggris. 

Maka dari itu, jangan pernah patah semangat untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris. Lebih baik lagi, kalau kamu sudah memiliki jadwal rutin untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris. Dengan begitu, kamu bisa meningkatkan kemampuan bahasa Inggris sekaligus dapat melakukan kewajiban (sebagai pelajar, pekerja, dan lain-lain).

Sumber: bintangtrainer.com