Cara Aman Menggunakan Dextral Forte

1 min read

Dekstrometorfan adalah kandungan yang membantu mengendalikan batuk dengan mempengaruhi reseptor tertentu di otak. Saat Anda pilek dan hidung tersumbat, reaksi normalnya adalah batuk karena ini akan membantu membersihkan saluran hidung dari lendir sehingga Anda bisa bernapas kembali. Dekstrometorfan bekerja dengan menghambat reseptor ini di otak Anda, sehingga Anda cenderung batuk dan lebih mudah bernapas.

Dextrometorfan banyak dijual di toko obat dan apotek, serta dijual dengan harga yang terjangkau. Banyak merk dagang yang dijual dipasaran dengan kandungan dextrometorfan, salah satunya yaitu Dextral Forte.

Apa itu Dextral Forte?

Dextral Forte adalah obat yang ditemukan di banyak obat batuk yang dijual di apotek dan apotik online. Obat ini digunakan untuk mengobati batuk kering yang disebabkan oleh flu, tetapi juga dapat digunakan untuk menekan batuk atau mengontrol rasa sakit ketika batuk.

 

Bagaimana cara kerjanya?

Dextral Forte bekerja dengan cara menekan dorongan untuk batuk yang berasal dari otak yang disebut serotonin, yang bertanggung jawab atas rasa sakit dan ketidaknyamanan.

 

Apa efek sampingnya?

Ada beberapa efek samping yang berpotensi serius yang dapat terjadi dari penggunaan Dekstrometorfan, seperti penglihatan kabur, sesak napas, serta gelisah atau kebingungan. Efek samping ini jarang terjadi tetapi dapat disebabkan oleh penggunaan dosis tinggi. Selain itu, beberapa orang mungkin mengalami kantuk yang berlebihan atau mengantuk ketika mereka menggunakan obat ini karena mempengaruhi sistem saraf pusat.

 

Berapa lama saya bisa mengkonsumsi Dextral Forte?

Yang terbaik adalah hanya menggunakan Dextral Forte selama beberapa hari, dan tidak lebih dari tujuh hari berturut-turut. Jika Anda membutuhkan obat ini lebih lama dari itu, pastikan Anda menggunakan dosis efektif terendah untuk menghindari efek samping. Bicaralah dengan dokter Anda sebelum mengambil dosis yang lebih tinggi dari obat ini atau jika Anda terus mengalami gejala setelah beberapa hari pengobatan.

 

Apa lagi yang harus saya ketahui?

Dextral Forte dapat berinteraksi dengan obat lain seperti yang digunakan untuk kecemasan, depresi, dan insomnia karena semuanya mempengaruhi kadar serotonin di otak dengan memproduksi lebih banyak atau memblokir produksi serotonin sepenuhnya. Selain itu, Dekstrometorfan dapat meningkatkan risiko efek samping jika digunakan bersamaan dengan alkohol. Penting untuk berkonsultasi dengan dokter Anda sebelum menggunakan obat ini jika Anda minum obat lain secara teratur.

Dextral Forte sangat mudah ditemukan di berbagai layanan fasilitas kefarmasian, harga Dextral Forte berkisar 10 ribu rupiah per strip dengan jumlah 10 kaplet.

 

Apakah Dextral Forte aman untuk anak-anak?

Dextral Forte tidak pernah disetujui oleh FDA untuk mengobati anak-anak di bawah usia 6 tahun, jadi tidak boleh digunakan untuk tujuan ini. Ada obat bebas lainnya yang telah diproduksi dan diuji secara khusus untuk mengobati gejala pilek pada anak-anak, seperti obat batuk sirup atau obat dengan antihistamin di dalamnya. Jangan beri anak Anda obat apa pun kecuali Anda tahu apa yang terkandung di dalamnya dan untuk kelompok usia berapa obat itu dimaksudkan. Bicaralah dengan dokter Anda sebelum memberikan obat apapun kepada anak Anda untuk berjaga-jaga jika ada efek samping yang berbahaya atau interaksi antara obat lain yang mungkin mereka pakai.

 

Informasi yang terkandung dalam artikel ini hanya untuk tujuan informasi dan tidak dimaksudkan sebagai pengganti saran, diagnosis, atau perawatan medis profesional. Silakan mencari perawatan medis segera untuk masalah kesehatan tertentu yang mungkin Anda miliki.