Cara Alami Merawat Kulit dan Rambut dengan Air Beras

1 min read

cara alami merawat kulit

Beras identik sebagai makanan pokok, baik itu di Indonesia atau di banyak negara di Asia. Tetapi tahukah Anda bahwa beras sebenarnya juga bisa dimanfaatkan untuk terapi perawatan kulit dan rambut. Berikut ini cara alami merawat kulit dan wajah dengan air beras.

 

Mengapa Menggunakan Air Beras?

Alih alih menggunakan berasnya sendiri, kebanyakan terapi dalam perawatan kulit dan rambut lebih efektif dilakukan dengan memanfaatkan air beras. Ini karena cara pembuatan dan pengaplikasiannya akan lebih mudah.

Anda cukup mencampur air dan beras mentah, diaduk sebentar sampai air berwarna keruh dan ditiriskan. Air kemudian ditampung dan bisa segera dimanfaatkan. Cara lain yang tidak kalah mudah adalah dengan merebus beras dengan air sesaat, kemudian air dan beras dipisahkan. Ini akan mendapatkan air beras yang lebih pekat.

Tentu saja ini menjadi pilihan lebih simpel dibandingkan harus menghaluskan beras menjadi bubuk atau bubur. Sudah tentu ini akan memakan waktu dan lebih sulit untuk dibuat dibandingkan dengan cara alami merawat kulit dan rambut dengan air beras.

cara alami merawat kulit

Bagaimana Cara Merawat Kulit dan Rambut Dengan Air Beras?

Untuk cara merawat kulit dan rambut, Anda perlu menyiapkan air beras yang sudah bersih. Pastikan menggunakan air matang saat membuat ramuan air beras, atau pilih cara kedua dengan direbus sebentar. Supaya air beras dalam kondisi bersih dan steril. Kemudian anda bisa memanfaatkan air beras tersebut untuk beberapa cara berikut ini.

Gunakan sebagai kondisioner pada rambut

Setelah berkeramas dengan bersih, Anda bisa gunakan air beras untuk terapi yang sifatnya melembabkan dan mengatasi kerontokan pada rambut. Caranya dengan menyiramkan rambut yang bersih menggunakan air beras. Pijat pelan dan diamkan sekitar 10 menit lalu bilas. Ulangi setiap 2 hari sekali.

Anda juga bisa biarkan air beras ini tanpa dibilas bila Anda  memiliki rambut yang cenderung kering. Rambut akan terasa lebih lembab, lembut dan tidak kusut. Ini juga baik mengatasi rambut yang kasar dan bercabang.

Membantu atasi kulit teriritasi

Bila Anda mengalami gangguan iritasi kulit, seperti terpapar sinar matahari berlebihan, iritasi akibat obat obatan dan kosmetik yang tidak tepat, atau terjadi keluhan alergi yang berat pada permukaan kulit.

Anda bisa kompres atau rendam area yang teriritasi dengan air beras. Bahkan secara tradisional disarankan untuk sesekali mandi dengan berendam dalam air beras supaya mengatasi iritasi kulit dan membantu memperbaiki kelembaban kulit yang rusak.

Baik untuk memperbaiki tekstur kulit

Masker dengan olesan air beras yang sedikit kental juga bisa menjadi pilihan untuk Anda yang mengalami gangguan kulit bertekstur, bruntusan, berpori pori besar dan gangguan bekas jerawat yang sulit diatasi.

Lakukan masker ini berulang selama beberapa pekan untuk mendapatkan hasil optimal. Ini adalah cara alami merawat kulit dengan meratakan warna pada kulit wajah, memperbaiki tekstur tidak rata pada wajah, meredakan bruntusan dan mengurangi ukuran pori pori pada wajah.

Meringankan jerawat

Sebenarnya, air beras bukan terapi yang sangat efektif untuk mengatasi jerawat. Namun air beras sangat membantu mengendalikan produksi minyak berlebih namun juga efektif meringankan kulit kering yang acapkali juga muncul pada kulit berjerawat. Biasanya kulit akan kering dan menjadi kasar karena efek obat obatan jerawat yang keras.

Selain itu, sebenarnya air beras mengandung anti inflamasi yang baik meringankan kemerahan, meredakan pembengkakan dan mengurangi kerusakan kulit yang terjadi pada jerawat. Jadi meski sifatnya tidak sepenuhnya mengatasi, tetapi efektif membantu proses penyembuhan jerawat.

Rupanya air beras juga bisa menjadi solusi cara alami merawat kulit dan rambut untuk kecantikan. Temukan lebih banyak informasi soal terapi dan perawatan alami dengan beragam herbal lain hanya di deherba.com.