Budidaya Udang Vaname Mudah dan Menghasilkan

1 min read

Budidaya Udang Vaname Mudah dan Menghasilkan

Budidaya udang vaname atau vaname adalah udang yang paling banyak ditemui di pasaran. Tinggal pada habitat subtropis, udang tersebut punya ukuran lebih kecil jika anda bandingkan dengan udang windu.

Vaname banyak dipilih karena cepat tumbuh dan cepat panen. Permintaan udang vaname juga terus meningkat, termasuk ekspor ke Amerika. Berikut adalah cara budidaya udang vaname:

Budidaya Udang Vaname Mudah dan Menghasilkan

1. Kolam Udang Vaname

Pilih lokasi budidaya udang vaname dekat sumber air, tapi bukan di daerah rawan banjir dan buat galian tanam hingga sedalam 1,5 meter. Sesuaikan panjang dan lebar kolam sesuai luas lahan.

1,5 bulan sebelum budidaya, kolam mini harus siap. Isi kolam dengan air bersih secara perlahan sampai 7 hari. Selanjutnya, kuras dari lubang pembuangan sampai air kering. Akan ada lumpur memenuhi kolam untuk mensterilkan penyakit, bakteri, dan hama. Biarkan sampai kolam mengering hingga 10 hari.

Lakukan proses pengapuran agar pH kolam netral dan membuang kotoran sisa dalam kolam. Sebar kapur sampai ke seluruh permukaan kolam dan biarkan beberapa hari supaya kapur meresap.

2. Pasang Plastik Mulsa

Budidaya udang Vaname menggunakan plastik mulsa memudahkan proses budidaya. Pasang secara full cover atau hanya untuk dinding kolam saja. Caranya, beli plastik mulsa dan pasang pada dinding serta dasar kolam. Gunakan “staples” dari bilah bambu berbentuk U supaya mulsa terkait dengan tanah.

Pasang kencang supaya tidak ada kebocoran, dan jika sudah selesai isi air. Plastik mulsa idealnya untuk dua kali proses budidaya, selanjutnya harus beli mulsa baru.

3. Isi Air Kolam Budidaya Udang Vaname

Isi air sedikit-sedikit, dan cek kebocoran. Biarkan 1 minggu, dan air benar-benar harus bersih dari sumber air, bukan air sungai atau air tercemar limbah. Letakkan pompa alkon dalam kolam, dan pastikan ketinggian air hingga 130 cm selama 3 hari. Gunakan kaporit 20-30 ppm agar air jernih.

Biarkan plankton tumbuh subur sebagai pakan alami. Cara mendorong pertumbuhan plankton adalah bekatul, gula jawa cair, booboos, dan pakan.

Budidaya Udang Vaname Mudah dan Menghasilkan

4. Masukkan Benih Udang Vaname

Jika kolam sudah hijau, taburkan benih udang vaname. Pilih benih berkualitas, sehat, dan tidak cacat. Kepadatan tebar benih 80-100 ekor tiap meter persegi kolam.

5. Perawatan Udang Vaname

Awal tebar benih tidak perlu diberi pakan, namun jika sudah tiga hari harus beri pakan khusus udang. Jika bobot mencapai 0.01 gram, beri 30 kg pakan untuk 100 ekor udang. Jika bobot 0,5 gram, beri pakan 11,22 kg. Perhatikan sirkulasi air, pH dan kadar garam. Panen budidaya udang vaname jika sudah usia 70 hari menggunakan jaring.

Ingin info menarik selanjutnya? Cek di Suksespedia.