Bahan Kayu Terbaik untuk Lemari Kabinet Pada Kitchen Set

1 min read

lemari kabinet

Kitchen set dikenal sebagai furniture yang digunakan di dapur untuk memberikan tampilan yang lebih rapi. Kitchen set tersebut mempunyai lemari kabinet yang mempunyai fungsi untuk menempatkan berbagai perlengkapan dapur maupun alat makan yang ada di rumah. Agar bisa mendapatkan lemari kabinet terbaik tidak hanya penting untuk memperhatikan tampilannya saja. Tetapi juga penting untuk menggunakan bahan lemari kabinet, sehingga bisa membuat kitchen set tersebut bisa awet dan bisa tahan lama. Bagi yang ingin membuat lemari kabinet kitchen set, rekomendasi bahan terbaik yang bisa digunakan adalah:

 

1.    Kayu solid

Bahan pertama yang digunakan untuk membuat lemari kabinet di dapur adalah kayu solid. Material ini merupakan jenis yang paling umum digunakan untuk membuat kitchen set yang ada di rumah-rumah. Kayu solid merupakan bahan yang mempunyai jenis yang bisa dipilih yaitu dari kayu mindi, kayu jati, kayu pinus, kayu melia, dan juga kayu rosewood india. Berbagai jenis kayu solid tersebut bisa memberikan keunggulan dengan tampilan kitchen set yang akan lebih mewah dan juga mengkilap. Kelebihan dari bahan kayu solid ini adalah tahan rayap, memberikan kesan natural dan elegan, dan juga bisa awet tahan lama.

lemari kabinet

2.    Plywood

Bahan selanjutnya yang bagus digunakan untuk lemari kabinet kitchen set adalah plywood atau dari bahan multiplek. Bahan ini merupakan kayu berlapis yang kemudian di press menggunakan tekanan tinggi. Keunggulan dari bahan plywood ini adalah memberikan lapisan kayu rapat sehingga akan lebih kuat. Serat kayu dari bahannya juga membuat permukaan bahan ini menjadi terlihat lebih kokoh ketika digunakan sebagai bahan dasar untuk lemari kabinet di dapur. Keunggulan dari bahan ini lainnya juga tidak mudah memuai dan mudah ditekuk sehingga bisa dibentuk sesuai dengan desain yang diinginkan. Daya tahan bahan ini bisa awet hingga 10 tahun.

3.    Blockboard

Pilihan bahan lainnya yang bisa dipilih untuk lemari kabinet adalah dari blockboard. Bahan ini juga mempunyai tampilan sama seperti multiplek, sehingga mempunyai lapisan dari potongan kayu yang disusun horizontal bukan vertikal seperti multiplek. Bahan ini juga memberikan keunggulan sebagai bahan yang kokoh dan tahan air karena menggunakan kayu sengon laut. Dari segi harga, jenis bahan ini juga lebih terjangkau dibandingkan bahan yang sebelumnya disebutkan sehingga akan lebih menghemat budget yang perlu dikeluarkan.

 

Jenis di atas merupakan bahan kayu yang bisa digunakan untuk membuat lemari kabinet yang ada di kitchen set. Anda bisa memilih bahan berbagai kayu tersebut untuk mendapatkan tampilan yang lebih natural serta tetap elegan. Selain itu, bahan kayu juga mempunyai penawaran harga yang beragam termasuk yang bisa didapatkan dengan harga terjangkau seperti dari bahan blockboard.