Apa itu Blog : Sejarah, Manfaat dan Strukturnya

1 min read

Manfaat blog

Istilah blog sangat familiar di kalangan warganet. Bagaimana tidak? Platform ini sukses mencuri perhatian dunia maya karena kepopulerannya. Bagaimana dengan anda, sudah tahu belum apa itu blog?

 

Apa itu Blog?

Tak banyak yang masih bingung jika ditanya apa itu blog. Jika didefinisikan, blog merupakan wadah untuk menyebarkan berbagai informasi berupa konten dengan berbagai macam topik pembahasan yang tidak terbatas ke dunia maya secara berkesinambungan.

 

Sejarah Blog

Menurut website majapahit.id, awal mula munculnya istilah blog yakni terjadi sekitar tahun 90-an, dimana pada saat itu sudah banyak platform yang bertebaran di dunia maya. Tahun 1998, Open Diary mengawali platform blog modern sehingga banyak orang mulai mengenal blog.

Kemudian di tahun 1999, muncul layanan blogger.com yang dicetuskan oleh Pyra Labs. Lalu blogger resmi menjadi milik Google sejak tahun 2003. Sejak saat itulah blog diakusisi oleh Google dan semakin mengibarkan dunia blogging.

 

Manfaat Blog

Blog mempunyai beberapa manfaat yang bisa semua pengguna dapatkan. Diantaranya yaitu sebagai wadah untuk mempublikasikan tulisan dalam bentuk opini, cerita, berita dan sejenisnya.

Selain itu juga bermanfaat sebagai wadah mengekspresikan diri melalui gambar atau video, media promosi, menyalurkan hobi, bertemu dengan banyak orang dengan minat yang sama, mendapatkan penghasilan dan lain sebagainya.

Manfaat blog

Jenis Blog

Diantara jenis-jenis blog yang perlu diketahui oleh seorang calon blogger ialah blog pribadi yang bersifat personal, blog bisnis yang biasanya memiliki tujuan untuk mempromosikan produk atau jasa, blog profesional yang didalamnya membahas satu topik tertentu, blog niagahoster serta blog niche.

 

Struktur Blog

Sebelum membuat blog, ketahui terlebih dahulu struktur blog itu sendiri. Pada dasarnya, blog terdiri dari tatanan struktur yang cukup beragam. Struktur blog meliputi header, navbar, main blog, sidebar dan footbar.

 

Penutup

Itulah ulasan singkat seputar apa itu blog. Bagaimana? Sampai disini sudah lebih memahami dunia blogging?

Semoga setelah menyimak uraian diatas bisa menambah wawasan dan mendorong semangat anda dalam membuat konten blog yang kreatif ya.