9 Tips Mendaftar Perguruan Tinggi yang Perlu Anda Ketahui

1 min read

Mendaftar perguruan tinggi adalah proses yang menguras energi dan melibatkan banyak pihak untuk mendukung seluruh data administrasi Anda. Anda perlu menyiapkan beberapa dokumen penting dan untuk mendapatkannya Anda perlu mengurusnya di beberapa tempat untuk waktu yang panjang.

Berikut ini 9 tips mendaftar perguruan tinggi yang bisa Anda lakukan agar berjalan lebih efektif dan terkesan tidak terlalu membebani pikiran Anda.

1. Daftar Lebih Awal

Jika Anda ingin mendaftar ke beberapa perguruan tinggi seperti program sarjana di pendaftaran ubaya, perhatikan setiap tenggat waktu. Ingatlah bahwa panitia penerimaan di seluruh perguruan tinggi menerima ribuan lamaran sekaligus, jadi jangan terburu-buru dengan mengirimkan lamaran Anda lebih awal!

2. Lengkapi Seluruh Syarat Pendaftaran

Luangkan waktu Anda saat mendaftar ke perguruan tinggi, isi dengan hati-hati dan periksa kembali setiap bagian persyaratan. Jika Anda mengirimkan lamaran yang tidak lengkap, panitia mungkin percaya Anda bukan kandidat yang serius atau memenuhi syarat.

3. Sertakan Kegiatan Ekstrakurikuler Anda

Sebuah universitas mencari calon mahasiswa yang telah mempertahankan reputasi akademis yang kuat dan rekam jejak kegiatan ekstrakurikuler yang terbukti. Pihak universitas biasanya memberikan prioritas dan beasiswa kepada calon mahasiswa yang berwawasan, aktif berkegiatan, dan berkontribusi dalam mengembangkan kualitas sekolah tersebut.

4. Bersikaplah Rapi dan Teratur

Panitia penerimaan perguruan tinggi tidak memperdulikan kesalahan administratif yang Anda buat. Pastikan untuk menulis serapi mungkin data administrasi yang diperlukan, jika perlu cek kembali secara detail sebelum mengirim ke panitia perguruan tinggi.

Buatlah checklist sendiri mengenai persyaratan yang harus dicantumkan, tandai yang sudah dikerjakan. Dari list tersebut, Anda dapat dengan mudah mengetahui data apa saja yang belum Anda cantumkan.

5. Jadilah Kreatif dan Inovatif

Mendaftar beasiswa bukan hanya tentang keahlian dalam bidang akademik tetapi juga menguji kreatifitas Anda. Gunakan kesempatan dan buat dengan kreatif karangan esai Anda. Anda bisa menyiapkan penulisan esai ini jauh hari dan cari inspirasi agar isi dari esai Anda tidak monoton.

6. Jangan Berpikir Kuno

Wawasan mempengaruhi daya pikir dan hasil penulisan esai Anda. Renungkan apa yang menjadi motivasi Anda memilih perguruan tinggi tersebut dan riset tentang inovasi yang bisa Anda berikan untuk perguruan tinggi tersebut.

7. Kejujuran adalah Kebijakan Terbaik

Jangan berbohong pada data lamaran kuliah Anda. Memanipulasi kebenaran hanya akan merugikan Anda dalam jangka panjang dan panitia penerimaan berwenang untuk memeriksa kebenaran data yang Anda cantumkan melalui berbagai cara.

Membiarkan orang lain mengisi data lamaran perguruan tinggi milikmu juga merupakan tindakan yang tidak dibenarkan. Lebih baik berkonsultasi dengan orang yang berpengalaman seperti guru, konselor, atau kakak tingkat yang sudah memasuki bangku perkuliahan.

8. Jangan Lupakan Dokumen Penting

Jangan lupa untuk memberikan transkrip sekolah menengah Anda dan sertifikat kejuaraan atau keahlian, jika dua hal penting tersebut disarankan oleh pihak perguruan tinggi. Biasanya pengurusan transkrip memakan waktu yang lama, jadi pastikan Anda sudah menyiapkan setelah kelulusan agar saat waktu pendaftaran dibuka, Anda bisa langsung menyiapkan dokumen tersebut.

9. Dapatkan Surat Rekomendasi

Banyak perguruan tinggi membutuhkan satu atau lebih surat rekomendasi dari seorang guru, pelatih, atau pihak lain yang mengenali Anda dalam bidang akademik. Mintalah rekomendasi dari pihak penting tersebut jauh-jauh hari untuk memastikan Anda dapat memenuhi persyaratan tersebut tanpa diburu waktu.

 

Daftarkan diri Anda secara online ke perguruan tinggi ternama di Indonesia dan dapatkan cashback pendaftaran di GoKampus. Melalui GoKampus, Anda juga bisa temukan tempat magang di perusahaan ternama di Indonesia.