6 Keunggulan Menggunakan Partisi Gypsum

1 min read

partisi gypsum

Untuk memisahkan satu ruangan ke ruang lainnya bisa menggunakan partisi yang bisa memilih berbagai bahan yang bisa digunakan. Mulai dari bahan semen yaitu di tembok yang umumnya dilakukan dan menjadi pilihan utama. Selain itu untuk menghemat dana biasanya bisa menggunakan bahan lainnya. Pemilihan bahan ini juga biasanya disesuaikan dengan konsep rumah yang dipunyai, sehingga menggunakan partisi baik dengan menggunakan bahan gypsum, kayu, triplek, lemari, atau tirai.

Bagi yang akan menggunakan partisi gypsum akan bisa mendapatkan banyak manfaat yang bisa didapatkan ketika memilih bahan ini. Seperti 6 keunggulan utama mengapa harus memilih partisi gypsum ini adalah:

 

1.    Bobot yang ringan

Partisi gypsum mempunyai keunggulan utama dengan bobotnya yang lebih ringan. Utamanya apabila dibandingkan dengan beton dan juga batu bata, maka bahan gypsum ini bisa menjadi pilihan untuk yang mencari partisi yang bobotnya ringan. Dimana untuk partisi gypsum ini mempunyai berat sekitar 30 kg saja, sedangkan untuk material batu bata bisa mempunyai berat hingga 80 kg per meter persegi. Karena bobot partisi gypsum ini ringan juga membuat banyak keunggulan lainnya yang bisa didapatkan. Mulai dari mudah dipindahkan, dapat mudah dibuat, dan juga mudah untuk dipasangnya.

partisi gypsum

2.    Cepat dipasang

Keunggulan selanjutnya mengapa bisa memilih partisi gypsum adalah karena cepat untuk dipasang. Selain mudah untuk memasangnya karena mempunyai berat ringan, bahan ini juga bisa menghemat waktu untuk pemasangannya. Hal tersebut juga membuat pengeluaran untuk tukang atau jasa instalasinya menjadi lebih murah karena bisa cepat selesai dan terpasang. Sehingga bagi yang ingin memilih partisi yang mempunyai pemasangan cepat dan tidak lama bisa untuk memilih jenis partisi dari bahan gypsum.

3.    Fleksibel

Ketika akan membuat partisi juga bisa untuk mempunyai ide yang ingin diwujudkan. Sehingga hal tersebut membutuhkan bahan yang bisa untuk diatur dan fleksibel agar bisa disesuaikan dengan ide partisi yang akan dibuat. Keunggulan dari bahan gypsum adalah sangat fleksibel ketika akan digunakan. Sehingga hal tersebut membuat bahan ini mudah untuk dipasang dimana saja dan juga bisa disesuaikan dengan desain yang diinginkan. Partisi bahan ini tidak harus digunakan di atas balok berstruktur, sehingga bisa memudahkan pemasangan.

4.    Mudah diperbaiki

Ketika akan memilih bahan ini juga mempunyai keunggulan karena lebih mudah diperbaiki. Partisi gypsum ini ketika dipasang mempunyai cara perbaikan yang mudah. Dimana ketika terjadi kerusakan seperti berlubang, lecet, dan juga banyak goresan bisa untuk memperbaikinya dengan mudah yaitu cukup didempul saja. Sehingga hal tersebut bisa membuat tampilan partisi tetap rapi sesuai sedia kala.

5.    Menggunakan material ramah lingkungan

Menggunakan material partisi gypsum juga akan bisa mendapatkan manfaat sebagai bahan yang ramah lingkungan. Bahan ini tidak banyak sampah bangunan yang akan dihasilkan, sehingga tetap rapi setelah pembangunan. Selain itu bahan ini juga tidak perlu menggunakan air untuk mendapatkan bahannya tetapi bisa langsung membelinya dengan mudah dan kemudian dipasang. Material ini juga bisa melebur dengan tanah sehingga tidak akan mencemari lingkungan.

6.    Tekstur halus dan rapi

Keunggulan terakhir mengapa bisa memilih partisi dari gypsum adalah karena teksturnya yang halus dan juga memberikan tampilan rapi. Tekstur halus tersebut akan membuat lebih mudah apabila akan memberikan warna pada bahan ini. Selain itu ketika mempunyai bahan yang rapi juga akan membuat tampilan akhir partisi yang dibuat juga akan lebih rapi dan tertata. Sehingga bahan ini bisa menjadi pilihan terbaik partisi yang digunakan.