5 Aplikasi Edit Foto di Android untuk Pemula dan Profesional

2 min read

picsart

Semenjak populernya smartphone android, memotret menjadi salah satu hal yang wajib dilakukan untuk mengabadikan berbagai aktivitas harian kita.

Untuk di unggah ke sosial media seperti instagram, terkadang kita di haruskan untuk mengedit foto terlebih dahulu, entah itu menambahkan tulisan maupun efek tertentu agar foto tampak lebih keren dan kekinian layaknya selebgram terkenal.

Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan beberapa aplikasi edit foto yang bagus untuk android yang bisa bikin fotomu menjadi lebih keren. Beberapa aplikasi pengolah foto dibawah ini memiliki fungsi yang berbeda.

kamu bisa mengubah foto menjadi kartun, membuat latar belakang foto menjadi bokeh, menambah tulisan, mengatur kecerahan, menghapus background hingga menerapkan seni dalam sebuah foto.

Bermodalkan smartphone android, kamu bisa mengedit foto menjadi lebih keren dengan memanfaatkan aplikasi editing pihak ketiga yang bisa kamu download secara gratis melalui playstore.

Berikut daftarnya :

1. PicsArt

picsart

Tak usah diragukan lagi, picsart berada di urutan pertama sebagai aplikasi edit foto terbaik di android. dengan bermodalkan aplikasi gratisan ini, kamu bisa mengedit foto layaknya editor profesional yang dilengkapi dengan berbagai fitur keren di dalamnya.

Kamu bisa memanipulasi objek foto, memotong maupun menggabungkan beberapa gambar menjadi satu, mengatur tingkat transparan.

Selain itu terdapat beberapa fitur unggulan lainnya, seperti tersedia ratusan pilihan template grid dan font keren, berbagai pilihan stiker, clipart, filter, background, frame, hingga fitur jepret foto menggunakan kamera smartphone dengan efek animasi.

Picsart ini biasanya dipakai para editor profesional, karena menawarkan beberapa fitur canggih dan cukup rumit. namun pemula tak ada salahnya untuk mencoba aplikasi ini.

2. Adobe Photoshop Express

Adobe Photoshop Express

Menawarkan kemudahan dalam mengedit gambar atau foto, aplikasi edit foto terbaik di android ini memiliki fitur instan yang berfungsi untuk memperindah foto hanya dengan satu sentuhan saja.

Fitur tersebut akan menyesuaikan tingkat eksposur, kontras dan white balance pada foto secara otomatis, sehingga foto akan tampil lebih keren dari sebelumnya.

Tidak puas dengan hasil fitur instan ? ada juga fitur koreksi yang memungkinkan kamu untuk mengatur tingkat saturasi, suhu, ketajaman, kontras, bayangan dan lainnya secara manual dengan kontrol geser yang mudah digunakan.

Selain itu, aplikasi ini juga memiliki salah satu fitur cukup canggih yang jarang ditemukan pada aplikasi pengedit foto lainnya, yakni fitur penghapus noda yang berfungsi untuk menghilangkan debu, kotoran hingga noise (bintik-bintik) pada sebuah foto dengan mudah.

Photoshop ini cocok untuk kamu yang baru belajar mengedit foto di smartphone android. 

3. Sketch Camera

Bagi kamu yang suka membuat karya seni lewat sebuah foto, maka aplikasi sketch camera ini layak kamu install. Aplikasi ini bisa mengubah foto mu menjadi kartun yang memiliki beberapa pilihan model, seperti model gambar pensil, anime hingga lukisan dengan karakter cat air maupun cat minyak.

Selain itu kamu tidak hanya bisa mengedit foto yang ada di galeri saja. Aplikasi edit foto jadi kartun ini juga memiliki fitur real-time kamera. dengan fitur tersebut kamu bisa menggunakan kamera smartphone untuk mengambil gambar maupun merekam video dengan efek kartun secara langsung.

4. Pixlr

aplikasi edit foto Pixlr

Merupakan aplikasi edit foto kekinian untuk android yang layak kamu install. dengan aplikasi gratisan ini kamu sudah bisa edit foto-mu menjadi lebih keren dengan efek seni double eksposure ala anak remaja kekinian hingga selebgram terkenal.

Sebagai pelengkap, pixlr juga menyediakan berbagai fitur keren lainnya. seperti fitur edit selfie yang memungkinkan pengguna untuk menghilangkan noda maupun jerawat, efek mata merah hingga memutihkan gigi.

Tersedia juga berbagai pilihan efek, filter dan overlay yang dapat digunakan secara gratis. Kamu juga bisa mengubah foto menjadi kartun dengan efek sketsa, gambar pensil dan efek keren lainnya.

Informasi tambahan, Pada versi 3.4.10 banyak pengguna yang mengeluh sering terdapat bug. misalnya hasil editan tidak bisa di simpan, gambar pecah hingga aplikasi keluar sendiri. Saran saya coba dulu download versi terbaru, jika masih belum diperbaiki download saja versi yang lebih lawas.

5. Snapseed

snapseed

Dilansir dari situs Hp saja, Snapseed ini merupakan aplikasi edit foto yang cocok untuk pemula. karena penggunaan yang mudah dan tampilan yang user friendly.

Aplikasi yang di kembangkan oleh google ini menawarkan kemudahan kepada pengguna dalam mengedit foto, pengguna bisa mengatur cahaya, bayangan, eksposur, warna dan lainnya dengan panel yang mudah.

Fitur keren lainnya adalah terdapat berbagai pilihan model font keren, bingkai dan filter yang bisa digunakan secara gratis. ada juga fitur untuk menghapus objek yang tidak diinginkan dalam sebuah foto. fitur efek HDR juga ada, untuk membuat warna foto menjadi lebih memukau.

Itulah beberapa aplikasi edit foto terbaik di smartphone android yang dapat kamu download secara gratis melalui playstore. pilihlah salah satu dari aplikasi editing diatas sesuai dengan kebutuhan kamu dalam mengedit foto maupun gambar.