3 Pertimbangan Ketika Akan Membeli Genteng Metal

1 min read

genteng metal

Zaman sudah berubah, sekarang sudah banyak berbagai macam pilihan jenis genteng yang bisa digunakan untuk penutup rumah. Salah satu contohnya adalah genteng metal. Di Indonesia sendiri sudah banyak masyarakat yang menggunakan genteng metal untuk atap rumah mereka karena menawarkan berbagai macam keunggulan yang tidak dimiliki oleh genteng lainnya. Jadi ketika saat ini Anda sedang membangun rumah genteng metal bisa menjadi salah satu genteng untuk dijadikan pilihan penutup atap rumah Anda. 

Banyak yang penasaran dengan apa saja yang kelebihan yang ditawarkan oleh genteng metal sehingga banyak yang tertarik untuk menggunakannya. Yang tidak kalah menarik adalah genteng metal sekarang ini sudah menjadi salah satu jenis genteng yang paling banyak diburu dan digunakan oleh masyarakat karena kelebihannya yang sangat banyak dan kekurangan yang dimiliki juga tidak terlalu banyak. Oleh karena itu, apabila Anda punya rencana untuk membeli genteng metal, berikut ini beberapa hal yang bisa Anda jadikan sebagai bahan pertimbangan.

genteng metal

1.    Bobotnya sangat ringan 

Kelebihan pertama yang ditawarkan oleh genteng metal adalah bobotnya yang sangat ringan karena bentuknya lembaran. Genteng ini punya berat rata-rata antara kurang lebih hanya 7 kg saja untuk luas 1 meter. 

2.    Punya daya tahan yang cukup tinggi 

Genteng metal punya daya tahan yang cukup tinggi dan ini adalah salah satu alasan kenapa banyak orang tertarik menggunakan genteng metal untuk atap rumah mereka. Karena genteng ini punya sifat yakni anti pecah dan juga tahan terhadap serangan rayap dan jamur sehingga genteng bisa awet dan tahan lama. 

3.    Sangat cocok digunakan pada daerah rawan gempa 

Kenapa cocok digunakan pada daerah yang rawan gempa dikarenakan genteng ini punya berat yang cukup ringan. Ditambah lagi dengan proses pemasangannya yang khusus untuk genteng metal membuatnya lebih rapat dan menyatu dengan rangka rumah sehingga lebih kuat. 

 

Di atas adalah beberapa kelebihan yang ditawarkan oleh genteng metal. Namun demikian, dibalik kelebihan tersebut pastinya juga ada beberapa kekurangan yang juga tidak boleh luput dari pertimbangan Anda ketika Anda akan membeli genteng ini untuk Anda jadikan penutup atap rumah Anda. karena dengan pilihan genteng yang tepat juga akan sangat berpengaruh pada kenyamanan rumah tersebut untuk di tinggal. 

Kekurangan yang dimiliki oleh genteng metal adalah sangat rentan terhadap tekanan. Padahal sebenarnya genteng ini punya ketahanan yang cukup kuat, namun ternyata genteng ini memang tidak bisa tahan terhadap tekanan. Hal ini dikarenakan genteng metal punya ketebalan hanya 0,20 sampai 0,40 mm saja dengan begitu tidak heran jika tidak tahan terhadap tekanan. Selain itu, genteng ini dalam proses pemasangannya juga harus menyesuaikan dengan kebutuhan dan juga menyesuaikan dengan kondisi cuaca yang ada di sekitar permukiman. Dengan begitu genteng bisa awet dan tidak mudah terkelupas warnanya.